Zacky Makarim Siapkan Atletik Menuju Olimpiade 

0
Sumber: bola.net

Persatuan Atletik Indonesia (PASI) akhirnya menunjuk Mayjen Purn Zacky Anwar Makarim sebagai pelaksana tugas (plt) ketua umum, setelah sebelumnya jabatan tersebut diemban oleh Alm. Bob Hasan. Zacky Makarim akan mengemban amanah tersebut hingga berakhirnya masa bakti kepengurusan PB PASI periode 2016-2020. 

Semenjak Bob Hasan meninggal dunia pada Maret lalu, PB PASI memang tanpa pemimpin. Sehingga diputuskan pada Kamis (02/07) melalui rapat virtual yang melibatkan seluruh pengurus provinsi se Indonesia, bahwa PB PASI menunjuk Zacky Makarim, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi di induk olahraga atletik di Tanah Air tersebut

Dijelaskan oleh Sekretaris Umum PB PASI Tigor M Tanjung, dengan semakin banyaknya even di 2021, beserta segera membutuhkan berbagai persiapan, seperti pemusatan latihan nasional, yang juga memerlukan berbagai koordinasi dengan pihak di luar PASI, maka memang dibutuhkan sosok Ketua Umum. 

“Untuk mengantisipasi kegiatan yang bersifat eksternal seperti MOU dengan kemenpora untuk dana pelatnas tersebut, maka dibutuhkan figur seorang ketua umum atau setidaknya PLT ketua umum,” kata Tigor, seperti dikutip dari Akurat.co.

Tigor menjelaskan lebih lanjut, bahwa walaupun banyak event olahraga tidak terlaksana pada 2020 ini akibat pandemi covid-19, namun persiapan untuk Pelatnas harus tetap terlaksana. Apalagi, saat ini pemerintah juga sudah membuka pintu lebar – lebar bagi cabor yang akan melaksanakan pemusatan latihan, untuk menghadapi berbagai multi event di tahun mendatang.

Multi event utama yang akan dihadapi oleh PB PASI adalah Olimpiade Tokyo 2020, yang semestinya dilaksanakan pada bulan ini, namun ditunda oleh pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Maret lalu. Olimpiade Tokyo dijadwalkan ulang pada tahun 23 Juli- 8 Agustus 2021 yang akan datang.

Sementara, Zacky Makarim sendiri menyatakan siap untuk mengemban amanah sebagai plt Ketum PB PASI, dan semaksimal mungkin meneruskan tugas Ketum sebelumnya, hingga kongres pada Desember 2020 nanti.

“Tapi saya yakin, kita semua akan berjuang bersama membesarkan Atletik Indonesia, induk dari seluruh cabang olahraga ini, salam Olahraga,” kata  pria yang juga paman dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tersebut.

Hingga saat ini PB PASI memang belum menggelar Pelatnas, setelah sejak Maret lalu mereka memutuskan membubarkan Pelatnas dan memulangkan seluruh atlet dan pelatih ke daerah masing- masing, demi menghindari pandemi covid-19. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here