Yogyakarta Pencak Silat Championship 2018 Diikuti Ribuan Atlet

0

Cabang olahraga (Cabor) Pencak silat kini makin digandrungi pasca menorehkan prestasi apik dengan sederet medali emas diajang Asian Games 2018 lalu khususnya dikalangan usia dini seperti pelajar.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa kejuaraan silat pasca perhelatan pesta olahraga terbesar Asia tersebut yang sukses menyedot animo ribuan atlet. Salah satunya Yogyakarta Pencak Silat Championship ke-4 tahun 2018.
Pada Yogyakarta Pencak Silat Championship ke-4 tahun 2018 ini sebanyak 3.302 atlet turut ambil bagian. Kejuaraan tersebut telah berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta pada selasa,(23/10).

Kejuaraan yang diprakarsai oleh Komunnitas Sayap Rajawali yang diikuti 3.302 atlet yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia ini terbagi atas 350 kontingen baik yang berasal dari perwakilan sekolah maupun perguruan silat ternama seperti Merpati Putih,Tapak Suci,Perisai Hati dan lain-lainnya.

Peserta sendiri terbagi dalam beberapa kelas seperti kelas fighter dan kelas seni. Untuk kelas fighterlah yang cukup banyak pesertanya karena kejuaraan ini banyak diikuti oleh bibit-bibit muda dari sekolah,baik SD,SMP maupun SMA.

“Pesertanya dari berbagai usia, mulai tingkat SD, hingga dewasa. Dipertandingkan dua kategori, yakni fighter dan seni. Para peserta kita pertandingkan berdasar usia dan berat badan, ” kata Romy Ardiansyah selaku Ketua Panitia Penyelenggara, dilansir dari Tribunnews.com.

“Sejauh ini, Tapak Suci sepertinya yang paling banyak mengirimikan pesilat, karena kontingen yang berasal dari sekolah-sekolah Muhammadiyah memang cukup banyak dan dari berbagai daerah,” imbuh Romy.

Dalam kejuaraan yang diselenggarakan selama dua hari ini melibatkan para juri yang berlisensi nasional. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan mereka mereka  bertarung memperebutkan hadiah bergengsi bagi pesilat nasional berupa tropi dan piala.

Panitia berharap dengan adanya kejuaraan yang beskala nasional ini nantinya akan menelurkan atlit-atlit baru yang akan dipersiapkan IPSI ke  ajang yang lebih tinggi mewakili Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here