Yayuk Basuki, Menembus 20 Besar Dunia

0
Yayuk Basuki. (wtafinals.com)

Petenis putri terbaik Indonesia sepanjang masa. Gelar tersebut rasanya sangat layak diberikan untuk Nany Rahayu Basuki atau yang lebih dikenal dengan nama Yayuk Basuki. Menggeluti tenis sejak belia, petenis kelahiran 30 November 1970 yang terkenal dengan pukulan forehand bazzooka-nya ini berhasil menorehkan segudang prestasi untuk Indonesia.

Perjalanan panjang ia lalui sebagai atlet tenis putri. Tahun 1987 mencapai perempat final Wimbeldon Junior; Tahun 1988 berjuang di Olimpiade Seoul; Tahun 1990 secara resmi terjun ke kancah tenis pro internasional dan menorehkan berbagai prestasi di berbagai kejuaraan; Hingga puncaknya pada tahun 1997 berhasil menembus babak delapan besar Wimbeldon.

Prestasi Yayuk masuk delapan besar Wimbeldon ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai wanita Indonesia pertama yang masuk Eight Club, lembaga yang mewadahi alumni delapan besar turnamen bergengsi tersebut. Yayuk pun berhak atas fasilitas VIP di seluruh dunia berkat capaiannya.

Deretan prestasinya pada saat itu membawanya menduduki peringkat 19 dunia untuk kategori tunggal putri dan peringkat 9 dunia untuk kategori ganda putri.

Yayuk Basuki, Jaguar of Asia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here