Wushu Kembali Harumkan Nama Indonesia

0
Ghaniya (kanan) dan Emir bersama sang ibu, Ade Safitri, saat mengikuti kejuaraan wushu di China. (Dok. Pribadi Ade Safitri, )

Setelah berhasil menjadi salah satu cabang olahraga yang menyumbang emas di Asian Games, Wushu kembali membawa harum nama Indonesia di dunia olah raga. Kali ini, kakak beradik Ghaniya Zada Achari dan Emir Fadilghani Achari mencuri perhatian lewat prestasi mereka di Festival Shaolin Wushu Internasional di Zhengzhou, China.

Di kejuaraan yang digelar dari tanggal 19 sampai 23 Oktober 2018 itu, Ghaniya Zada Achari berhasil meraih emas di nomor Changquan atau tangan kosong di kelas A di bawah 12 tahun. Sementara itu, Emir yang juga bertanding di kelas A di bawah 12 tahun, meraih peringkat ketiga di nomor tangan kosong Nanquan.

Menurut penuturan sang ibu, Ade Safitri, Festival di Zhengzhou ini merupakan kejuaraan terbuka yang digelar Federasi Wushu Asia (WFA). Walau digelar oleh WFA, namun banyak peserta yang berasal dari luar Asia, seperti dari Amerika Serikat atau Ukraina. Di kejuaraan ini, sebanyak 2000 peserta dari 65 negara ikut berpartisipasi.

“Kejuaraan ini bisa menjadi tahapan untuk menuju kejuaraan dunia. Kejuaraan di Zhengzhou ini merupakan inisiatif dari setiap perguruan tetapi tetap melalui rekomendasi PB Wushu Indonesia,” ucap Ade Safitri seperti yang dikutip dari CNNIndonesia.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here