Wushu Terus Fokus Fisik, Hadapi Agenda Padat 2021

0

Pandemi Covid-19 yang belum mereda, bukan menjadi ganjalan bagi pengurus dan atlet penghuni Pelatnas Wushu untuk terus menggelar program latihan. 30 atlet telah menjalani latihan di  Pelatnas, dalam rangka menghadapi padatnya jadwal pertandingan internasional di tahun 2021 mendatang.

Seperti tampak pada Senin (05/10), 30 atlet wushu yang terdiri dari 16 atlet Taolo dan 14 atlet Sanda dengan sangat bersemangat tetap berlatih. Latihan juga dibagi menjadi dua. Bagi Taolo melakoni latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Sementara untuk Sanda menjalankan program Pelatnas di Wisma Serbaguna, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

Diterangkan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia, Ngatino, 30 atlet yang kini berada dalam Pelatnas, sudah bersama hampir satu bulan terakhir. Mereka tengah bersiap untuk menghadapi berbagai agenda pada 2021. Seperti, SEA Games Vietnam 2021, Kejuaraan Dunia Wushu di Amerika Serikat 2021, Youth Olympic 2021, Piala Dunia (Sanda) Australia 2021, Piala Dunia (Taolo) Jepang 2021, dan Universiade China 2021.

“Memang tahun depan banyak kejuaraan internasional yang menumpuk, oleh karena itu para atlet yang menjalani pelatnas mulai kita siapkan dari sekarang,” kata Ngatino kepada awak media di Jakarta, Senin (5/10/2020), seperti dikutip dari Times Indonesia.

Ngatino pribadi memaparkan, proses Pelatnas PB WI hingga sekarang berjalan lancar. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah mencairkan dana Pelatnas.

“Dukungan Kemenpora untuk anggaran pelatnas sangat bermanfaat bagi para atlet, semua kebutuhan pelatnas bisa terpenuhi dan berjalan baik,” tambahnya.

Sementara Manajer Pelatnas Wushu, Iwan Kwok menyampaikan, bahwa pandemi Covid-19 saat ini memaksa atlet untuk lebih banyak berlatih daripada bertanding. Karenanya, Pelatnas seperti sekarang menjadi sangat penting dalam hadapi banyaknya agenda di tahun 2021.

” Untuk tahun ini mungkin kita lebih banyak melakukan pengembalian kondisi fisik atlet, dan tahun depan kita sedikit melakukan pembenahan teknik. Dan semua atlet saat ini dalam kondisi baik,” kata Iwan Kwok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here