Wujudkan Program Satu Atlet Satu Pelatih, Ini Yang Dilakukan Kemenpora

0
Sumber Gambar: Tribun News

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kian serius untuk meningkatkan kualitas pelatih di Indonesia demi tercapainya atlet yang bertalenta di masa depan. Salah satunya melalui program pelatihan 100 ribu pelatih dan Instruktur Olahraga yang tujuannya meningkatkan kualitas dan kuantitas prestasi olahraga Indonesia dengan target satu atlet satu pelatih.

Terbaru, Kemenpora menggelar Pelatihan Pelatih Olahraga Nasional di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan yang berlangsung  pada Jumat (26/10/2018) hingga dan ditutup, Minggu (28/10/2018) sebagai perwujudan dari program itu.

Pelatihan pelatih dan instruktur olahraga tersebut dipecayakan Kemenpora kepada Lembaga Pengembangan Potensi Prestasi dan Kesehatan Olahraga Indonesia (P3KORIN) untuk kedua kalinya sebagai penyelenggara.

Pada pelatihan itu, P3KORIN menghadirkan 500 peserta yang berprofesi sebagai pelatih, guru dan praktisi olahraga yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan yang ditergetkan bisa membantu pemerintah dalam peningkatan kualitas SDM olahraga.

Dewan Penasehat P3KORIN Arifuddin Usman sebagai pihak yang dipercaya Kemenpora mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemenpora telah mempercayakan P3KORIN sebagai penyelanggara kegiatan tersebut.

“P3KORIN sangat siap bersinergi dengan pemerintah terkait kemajuan prestasi olahraga Indonesia” tutur pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III UNM tersebut, dilansir dari Tribunnews.com

Sementara itu, Bupati Kabupaten Enrekang, Muslimin Bando mengaku sangat senang kabupaten Enrekang ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Pelatihan Pelatih Olahraga Nasional 2018. Bando mengaku bahwa program itu dilaksanakan sesuai nawacita Presiden Jokowi membangun daerah dari pinggiran kekota.

“Sebuah dalle (rezeki) bahwa kabupaten Enrekang ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Pelatihan Pelatih Olahraga Nasional 2018. Dan sebuah kesyukuran melalui kegiatan ini pelatih-pelatih kita difasilitasi oleh pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Sesuai nawacita Presiden Jokowi membangun daerah dari pinggiran kekota, kalau program Kemenpora meningkatkan kualitas pelatih dari daerah ke pusat. Ini yang kita butuhkan demi prestasi olahraga” ungkap Muslimin Bando.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Menpora, Imam Nahrawi mengatakan bahwa Indonesia masih kekurangan banyak pelatih. Untuk itu melalui pelatihan ini diharapkan Indonesia bisa mewujudkan satu atlet satu pelatih.

“Saat ini Indonesia masih kekurangan jumlah pelatih, oleh karena itu, tahun ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih sebanyak 100 ribu,” ujarnya.

“Setiap pelatih diharapkan minimal dapat mengidentifikasi dan melatih 1 orang atlet potensial maka dimasa mendatang kami akan mendapatkan 100 ribu atlet untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlet nasional,” tambahnya.

Indonesia sendiri memang tengah mengalami kemajuan pesat dalam bidang olahraganya. Terkhusus pasca sukses dalam ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here