Ketua PB PASI Bongkar Alasan Tak Turunkan Zohri di SEA Games 2019

0

Kontingen Indonesia dipastikan tidak memasukan nama pelari andalannya, Muhammad Zohri dalam ajang SEA games 2019 di Filipina mendatang. Hal tersebut dikonfirmasi sendiri oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan.

Bob mengakui pihaknya memang sengaja tidak menurunkan pelari asal Lombok tersebut. Bukan terkait masalah teknis maupun kesehatan, tetapi lebih kepada regenerasi atlet.

“Kasih kesempatan pada yang muda-muda, seperti Richi, Rico, 17-18 (tahun) kita kirim saja. Kita bukan soal menang atau kalah, kan ada bintang-bintang muda,” ucapnya dilansir dari sport.tempo.co.

Hal tersebut berkaca pada kejadian di masa lalu. Seperti kasus Mardi Lesatri, pelari yang kondang di akhir tahun 80-an hingga awal 90an. Dimana saat itu Mardi menjadi andalan Indonesia di ajang SEA Games nomor 100 meter. Tercatat ia berhasil mendulang empat emas dan satu perak dari edisi 1987 hingga 1993. Sayangnya tidak pelapis maupun generasi penerus yang mampu menjaga warisan juaranya.

Hal yang sama juga dirasakan Suryo Agung, pelari andalan Indonesia pada SEA Games 2007 dan 2009. Karena kecepatannya ia mampu membawa Indonesia berjaya di nomor 100m, 200m dan 4x100m. Namun setelah kejayaannya berakhir, prestasi Indonesia langsung menurun drastis.

Ia berharap hal serupa tidak terjadi pada Zohri. Ia tidak ingin Indonesia kembali mengandalkan kemunculan talenta yang datang beberapa tahun sekali.

“Itu semua satu aja, itu gak boleh, jadi kita mesti punya 10 Zohri, 20 Zohri gitu loh. Jadi mesti punya puluhan, jangan cuma satu,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Bob mengatakan atlet dunia seperti Zohri sudah tidak perlu mengikuti ajang SEA Games.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here