Vidya Rafika, Penembak Belia Yang Berhasil Buat Gebrakan Baru di Kontingen Indonesia

0

Di usia yang terbilang masih muda, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba membuat gebrakan dari cabang menembak. Tidak hanya sukses di SEA Games 2019 Filipina lalu, gadis yang masih berusia 18 tahun tersebut berhasil menjadi penembak pertama Indonesia yang lolos Olimpiade Tokyo 2020.

Gadis yang biasa dipanggil Vika tersebut melejit setelah berhasil menggondol dua medali emas SEA Games 2019 di Filipina. Yakni dari nomor perseorangan 10 m Air Rifle Women dan nomor 10 m Air Rifle Mix berpasangan dengan Gatur Gustafian. Pencapaian tersebut membuat target tiga emas yang dicanangkan berhasil dilewati dengan mudah.

“Seneng banget. Terharu dan bahagia bisa dapat medali emas di SEA Games Filipina yang bisa diberikan buat Indonesia dan keluarga. Saya mengucapkan terima kasih juga untuk PB Perbakin yang memberikan dukungan selama ini,” kata Vika dilansir dari Sport.tempo.co.

Tidak hanya berhasil menyumbangkan emas, performa yang di tunjukan Vika sukses menjadi lecut bagi atlet lain untuk mendulang prestasi.¬†Dengan tambahan emas dari Vidya, target kami sudah terpenuhi. Tapi, kami tidak langsung berhenti di sini saja. Masih ada beberapa peluang lagi,” kata manajer tim menembak Indonesia, Fitrian Judiswadarta.

Pada akhirnya prestasi yang di torehkan Vika berhasil membuka keran medali cabor menembak. Mereka berhasil pulang dengan total enam medali emas, dimana dua diantarannya berasal dari Vika.

Bergeser ke Olimpiade Tokyo, gadis asal Bekasi tersebut tak kalah membuat heboh. Ia menjadi menciptakan sejarah sebagai atlet penembak Indonesia pertama yang lolos ke Jepang dengan usia yang cukup muda.

Vika berhasil mengamankan satu tiket setelah melewati batas Minimum Qualification Score (MQS) Asia, yaitu 625. Pundi-pundi poin berhasil ia raih dari berbagai kompetisi bergengsi. Salah satunya dari keikutsertaanya di kejuaraan Asian Shooting Championship 2019 bulan November lalu.

Dengan demikian Vika tak bisa bersantai-santai. Kini ia harus segera melupakan euforia SEA Games dan bergerak mempersiapkan Olimpiade. “Semoga hasilnya di Olimpiade akan memuaskan untuk Indonesia,” harap Vika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here