Usung Target Jangka Panjang, Balap Sepeda Gandeng Konsultan Kelas Dunia

0
Sumber Gambar: pikiran-rakyat.com

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) tidak main-main dalam mendukung rencana Indonesia menuju tuan rumah Olimpiade 2032. Organisasi yang dipimpin Raja Sapta Oktohari tersebut menggandeng konsultan asing Frederic Magne.

Indonesia sendiri memang punya tekad untuk bisa menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan pesta olahraga terbesar di dunia Olimpiade pada 2032 mendatang. Hal tersebut yang mendasari PB ISSI menggandeng Frederic Magne sejak sekarang.

Frederic sendiri adalah juara dunia tujuh kali di nomor trek. Ia juga pendiri dan direktur umum dari UCI World Cycling Centre (WCC) selama 10 tahun.

“Target kami ada jangka pendek Olimpiade 2024, menengah (2026), dan panjang 2032. Kami tidak hanya mau menjadi tuan rumah saja tapi juga mau menang di balap sepeda ini,” kata Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, do Kantor FX Sudirman, Senayan, Selasa (21/1/2020), seperti dinukil dari detiksport.com.

Okto menyebutkan, bahwa Frederic punya tugas utama melakukan analisa, evaluasi dan identifikasi bibit pembalap, serta menyiapkan program percepatan prestasi balap sepeda nasional. Ia akan mulai bertugas per Februari 2020.

“Jadi pertama buat program pelatihan usia muda dan atlet madya ke elite. Kemudian, menyiapkan atlet elite mendapat medali yang orientasinya Kualifikasi ke Olimpiade Prancis 2024,” katanya.

“Sementara itu, untuk Olimpiade 2032, kami sudah berhitung untuk merekrut anak-anak usia 13 tahun sehingga pada 2032. Nantinya, ketika usia mereka 25 tahun mencapai puncak performa. Memang ini butuh proses yang panjang,” dia menambahkan.

Frederic sendiri mengatakan sangat senang dengan projek ini. Ia mengaku sudah tidak sabar untuk bisa segera bekerja bersama PB ISSI di Indonesia. Baginya, hal ini merupakan tantangan.

“Ini merupakan tantangan bagi saya. Saya harap melalui kerja sama ini kami bisa menemukan pebalap bagus yang bisa dipromosikan ke level yang lebih tinggi di kancah internasional,” kata pria berusia 51 tahun itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here