Top Skor, Striker Tim Indonesia Ditempel Ketat Bomber Vietnam

0
Sumber: pssi.org

Pemain depan Tim Nasional U-23 Indonesia, Osvaldo Haay, saat ini menjadi pimpinan daftar pencetak gol terbanyak di SEA Games 2019. Pemain berdarah Papua tersebut sudah mencatatkan delapan gol dari enam pertandingan.

Yang terkini, Osvaldo Haay mencatatkan satu gol, dan membantu Timnas mengalahkan Myanmar 4-2 di babak semifinal, di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (07/12), pada ajang SEA Games 2019. Pemain muda Persebaya Surabaya tersebut, memang kini menjadi salah satu pilar penting kesuksesan Garuda Muda mampu menembus babak final.

Padahal, sejatinya Osvaldo bukanlah opsi pertama di lini depan tim besutan Indra Sjafri ini. Ia adalah pelapis dari Muhammad Rafli yang diposisikan sebagai pemain depan utama. Namun begitu, menggantikan Rafli yang dibelit cedera, Osvaldo justru mampu memberikan penampilan terbaik bagi Tim Indonesia. Bahkan di dua laga pertama, Osvaldo yang hanya turun sebagai cadangan mampu mencetak dua gol.

Kesempatan sebagai starter baru didapatkan mantan pemain Persipura Jayapura tersebut pada laga ketiga kontra Vietnam. Dimana Rafli harus beristirahat karena cedera. Saat itu Osvaldo justru gagal mencetak gol, dan Indonesia harus menyerah 1-2 dari Vietnam. Gol – gol Osvaldo baru kembali tercipta di laga selanjutnya hingga semifinal.

Momen kebangkitan Osvaldo terjadi ketika Indonesia melawan Brunei Darussalam. Dimana dia berhasil mencetak hat trick. Kemudian di laga melawan Laos, Osvaldo mendonasikan dua gol, serta satu gol lain di laga semifinal melawan Myanmar.

Sejauh ini Tim Indonesia sendiri sudah mencatatkan 21 gol selama berlaga di SEA Games hingga babak semifinal. Delapan gol Osvaldo sendiri merupakan 38% dari total gol Garuda Muda.

Untuk sementara ini, Osvaldo memimpin daftar pencetak gol terbanyak, bersama dengan pemain Vietnam Ha Duc Chinh yang juga mengoleksi delapa gol.

Osvaldo untuk sementara memimpin daftar top skor bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh, yang juga mengoleksi delapan gol. Han Duc berhasil menyamai catatan gol Osvaldo, setelah dia mencetak tiga gol ke gawang Kamboja dalam laga semifinal.

Persaingan untuk gelar top skor ini akan menjadi drama yang menarik untuk disimak dalam laga final antara Indonesia Vs Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12) mendatang. Baik Osvaldo maupun Han Duc masih punya potensi besar untuk bisa menambah jumlah golnya, dan tampil sebagai top skor di SEA Games 2019.

Adapun pemain Indonesia lainnya, Egy Maulana Vikri, berada di urutan kempat dengan koleksi empat gol.

Berikut lima besar daftar top skor SEA Games 2019 hingga Minggu (08/12)
1. Osvaldo Haay (Indonesia): 8 gol
2. Ha Duc Chinh (Vietnam): 8
3. Nguyen Tien Linh (Vietnam): 6
4. Egy Maulana Vikri (Indonesia): 4
5. Aung Kaung Mann (Myanmar): 4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here