Tingkatkan Prestasi Road Bike, PB ISSI Susun 3 Program Andalan

0
(Sumber: pontianak.tribunnews.com)

Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) punya target tinggi dalam meraih prestasi di berbagai ajang internasional. Salah satunya adalah SEA Games 2021 mendatang. Untuk itu ISSI pun sudah menyiapkan beberapa program andalan, khususnya di nomor road bike.

Seperti disampaikan oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari, bahwa dirinya memang punya banyak target di ajang internasional,seperti juga SEA Games. Demi bisa memenuhi capaian tersebut menurut nya kini ISSI sudah menyiapkan setidaknya tiga langkah penting.

Pertama, ISSI akan mengirimkan sejumlah atlet balap sepeda dari nomor roadbike untuk bisa bergabung dengan tim dunia (continental), dengan harapan mereka bisa menyerap ilmu dan pengalaman dari para pembalap dunia. Salah satu yang sudah tercapai adalah pembalap putri Tim Indonesia dari nomor road bike, Ayustina Delia Putri, saat ini sudah dikontrak selama satu tahun oleh tim kontinental dari Thailand.

“Kita sudah menjalin komunikasi dengan dua tim cycling pro, untuk bisa mengirimkan atlet Indonesia,” kata Raja Sapta, seperti dilansir dari Goriau.

Program selanjutnya yang juga segera dilaksanakan oleh PB ISSI menurut Raja Sapta, adalah mengirimkan pelatih balap sepeda Tanah Air untuk bisa menimba ilmu di Swiss yang merupakan markas dari Federasi Internasional Balap Sepeda (UCI). Para pelatih Tim Indonesia, nantinya di UCI akan mengambil kursus kepelatihan internasional Diploma 3. Harapannya mereka akan bisa mengembangkan dan mentransfer ilmu yang didapat di Tanah Air nantinya setelah lulus, khususnya dalam bidang sport science yang memang terus berkembang pesat.

Kemudian, program terakhir yang kini juga terus digodok oleh PB ISSI, adalah membentuk tim continental sendiri. Dijelaskan oleh Raja Sapta, saat ini sudah ada beberapa sponsor internasional yang siap diajak bekerjasama dalam program membentuk tim yang dipersiapkan untuk berlaga di berbagai kompetisi road bike bergengsi dunia tersebut.

“Tujuannya, tim continental Indonesia ini nantinya bisa menjadi wadah bagi para atlet – atlet muda potensial Tanah Air untuk bisa menempa dan mempersiapkan diri, demi meraih prestasi internasional,” pungkas Raja Sapta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here