Tinggalkan Rekor SEA Games, Sapwaturrahman Fokus Lolos ke Olimpiade 2020

0
Sumber Gambar: Bisnis.com

Sapwaturrahman tidak mau terlalu jemawa usai menorehkan hasil manis di SEA Games 2019 Filipina yang baru rampung beberapa waktu lalu. Pasalnya ia memiliki target baru di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Nama Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad menjadi kondang setelah berhasil memecahkan rekor di SEA Games. Atlet cabor atletik nomor lompat jauh tersebut kini menyadang status sebagai pemegang rekor terjauh dalam sejarah SEA Games.

Atlet yang akrab di panggil Sapwa tersebut berhasil memecahkan rekor yang di penggang atlet asal Filipina, Hendry Dagmil dengan lompatan terjauh 7,86 meter pada SEA Games 2007 silam. Sapwa mampu unggul setelah mecatatkan lompatan sejauh 8,03 meter pada percobaan keenamnya.

Ia menjadi yang terjauh disusul dengan Andre Anura (Malaysia) dengan 8,02 meter. Serta Suttisak Singkhon (Thailand) dengan 7,87 meter.

Meskipun berhasil mecatatkan rekor baru, atlet 24 tahun tersebut mengaku belum puas. Kini ia menyasar target baru yakni lolos Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Olimpiade bakal menjadi tantangan sesungguhnya karena pada event memiliki level yang jauh lebih tinggi dari SEA Games.

“Saya belum puas walaupun bisa memecahkan rekor SEA Games. Target utama saya adalah lolos Olimpiade,” kata Sapwaturrahman dilansir dari Kompas.com.

“Ke depan saya akan terus mencoba memperbaiki catatan saya,” imbuhnya berapi-api.
Disisi lain rekor yang diciptakan di SEA Games kemarin sebenarnya tidak terlalu mencolok bagi Sapwa. Pasalnya di Asian Games 2018 silam ia behasil mencatatkan lompatan sejauh 8,09 meter, atau 6 cm lebih jauh dari yang ia torehkan di SEA Games 2019 Filipina.

Sayangnya hasil tersebut hanya cukup membuatnya mendapatkan medali perunggu.
Ia kalah dari dua atlet asal Tiongkok Jianang Wang dengan 8,24 meter dan Yaoguang Zhan di posisi kedua dengan 8,15 meter. Catatan ini menjadi cambuk bahwa perjalanan Sapwa di Olimpiade masih sangatlah jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here