Tim Basket 3X3 Putra Indonesia Pastikan Tak Gunakan Pemain Naturalisasi

0

Pelatih Timnas Basket 3×3 Putra Indonesia, Ali Budimansyah memastikan tim besutanya tidak menggunakan pemain naturalisasi untuk SEA Games 2019. Ia menyebut tim akan lebih maksimal jika tetap menggunakan komposisi pemain lokal.

“Ya, jadi kita memang tidak ada pemain naturalisasi ya, semua ini pemain lokal, karena saya percaya dengan produk Indonesia. Saya mempercayai pemain saya semua saat ini,” ucapnya.

Mantan pelatih Bogor Siliwangi tersebut mengatakan menggunakan tenaga pemain naturalisasi memangkas waktu persiapan. Pasalnya harus mengurus masalah administrasi, paspor dan kelengkapan dokumen lainnya.

Proses adaptasi ikut menjadi pertimbangan. Si pemain harus bisa segera menyesuaikan diri dengan pemain lokal, begitu pula sebaliknya. Belum lagi nantinya ada kendala bahasa, culture shock dan lain sebagainya.

Hal tersebut berpotensi menjadi kendala. Lebih SEA Games sudah tinggal hitungan minggu saja. Karena itu Ali menilai hadirnya pemain naturalisasi akan membawa pekerjaan baru nantinya.

Selain itu di mata Ali kualitas pemain-pemain basket Tanah Air juga tidak kalah dengan pemain asing. Ia menegaskan anak asuhnya merupakan atlet terbaik yang datang dari berbagai tim profesional. Apalagi tim basket 3X3 juga sudah ditempa di beberapa kejuaraan multinasional seperti FIBA 3×3 Asia Quest 2019 di Maladewa dan 2019 FIBA 3X3 Asia Cup di Changsha, China kemarin.

“Jadi begini, kalau mau pakai pemain naturalisasi, waktunya sekarang sudah mepet. Mengurus administrasi seperti pembuatan paspor dan lainnya itu kan repot, jadi lebih baik menggunakan pemain-pemain lokal kita, karena mereka juga gak kalah kok dengan pemain asing, terutama dari segi fisik,” ucap pria yang karib disapa coach Ali tersebut.

Terakhir kesamaan latarbelakang dinilai menjadi keuntungan nantinya. Sehingga tidak ada kendala komunikasi dan chemistry pun terbangun dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here