Tim Balap Sepeda Indonesia Waspadai Virus Corona

0
Sumber Gambar: merahputih.com

Tim Indonesia untuk balap sepeda ternyata juga turut mewaspadai persebaran virus corona yang kini tengah menghebohkan dunia. Hal tersebut tidak lepas dari rencana mereka untuk tampil pada kejuaraan MTB downhill di Thailand pada awal Februari 2020 mendatang.

Kewaspadaan tersebut muncul, karena virus corona kini bukan saja menyebar di China, namun juga sudah mulai merambah ke wilayah Asia Tenggara. Thailand juga masuk dalam daftar negara yang terkena dampaknya, seperti dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat (Kemenkes).

Dilaporkan, seorang wanita berusia 73 tahun, sedang mendapat perawatan di rumah sakit Nakhon Pathom Thailand, berjarak 60 km dari Bangkok. Ia dinyatakan positif terkena virus corona, setelah sebelumnya bepergian ke Wuhan China untuk liburan tahun baru.

Tim balap sepeda Indonesia sendiri, rencana mengirimkan empat atlet putra dan putri downhill ke Negeri Gajah Putih. Thailand menjadi tuan rumah Asian Mountain Bike Continental Championships – XCO = XCE -DHI -XCR, pada 1 sampai 5 Februari 2020.

Situasi terkait dengan virus corona ini pun langsung mendapat tanggapan dari Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI Budi Saputra. Meskipun mengaku terkejut, namun dia tetap akan menyiapkan sejumlah langkah preventif demi menjaga dan melindungi atlet.

“Dari Thailand belum ada pengumuman. Ini kan baru dua hari ini jadi ramai, mungkin saya harus konsultasi dengan dokter balap sepeda dulu terkait langkah-langkah antisipasi untuk anak-anak,” kata Budi, dilansir dari detiksport, Jumat (24/1/2020).

“Jika ada travel warning dari pemerintah ya kami tidak akan berangkat. Ya, kami tunggu dua hal itu saja dulu,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, kepala pelatih Timnas balap sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo, juga mengungkapkan rasa khawatirnya, soal persebaran virus yang diduga menyebar melalui hewan kelelawar tersebut.

“Kalau khawatir sih pasti cuma sampai saat ini kami belum ada travel warning dari federasi atau pihak terkait. Jadi belum tahu seperti apa,” katanya terpisah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here