TC Di Thailand Timnas U-19 Dapat Sentuhan Teknologi

0
Sumber Gambar: pssi.org

Timnas Indonesia U-19 kini tengah konsentrasi menjalani pemusatan latihan di Alpine Football camp Training, Chiang Mai, Thailand. Hingga hari ketiga, Kamis (23/01), jajaran kepelatihan mulai memanfaatkan teknologi, guna membantu latihan Garuda Muda. Mereka menggunakan Sport Vest GPS yang digunakan di dada tiap pemain.

“Dalam pemusatan latihan ini kami menerapkan program untuk meningkatkan daya tahan fisik pemain, seperti yang saya katakan di awal saya menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia, saya akan fokus di situ. Saya juga mendatangkan tim fisik dari Korea Selatan,” ujar manajer pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong dilansir¬† dari PSSI.org.

Shin juga menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah mengadakan tes fisik kepada pemain, yang hasilnya cukup bagus.

“Kami juga mengadakan tes fisik untuk pemain. Hasilnya memuaskan. Akan terus ditingkatkan sepanjang pemusatan latihan di sini. Penggunaan GPS untuk tes fisik juga digunakan,” tutur Shin Tae-yong.

Penggunaan GPS tersebut, merupakan hasil kolaborasi bersama Australian Institute of Sport (AIS) serta Cooperative Research Centres (CRC). Sebelumnya teknologi yang sama telah diterapkan untuk bisa membantu mengeluarkan potensi atlet -atlet Negeri Kangguru tersebut.

GPS Sport Vest pertama kali muncul ke publik pada 2006 yang lalu di Melbourne Australia. Alat ini punya bentuk kotak dan diletakkan di bagian tubuh pemain, khususnya dada.

Fungsi sport vest ini sendiri adalah merekam dan mengirimkan data pergerakan, jarak tempuh, serta kecepatan setiap pemain. Rekam data tersebut, selanjutnya akan dikirimkan kepada telepon pintar.

Saat ini bersama Shin Tae-yong, Tim Nasional Indonesia U-19, akan lebih memaksimalkan penggunaan teknologi terkini, sebagai penunjang sarana latihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here