Targetkan Emas Olimpiade Tokyo 2020, Susi Susanti Motivasi Tim Bulutangkis Indonesia

0
Sumber Gambar: sport.detik.com

Peraih medali emas cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Barcelona 1992 Susi Susanti memberikan motivasi khusus kepada para juniornya, untuk bisa mengulang sejarah prestasi yang pernah dilakukannya.

Jelang segera dimulainya Olimpiade Tokyo 2020, Susi Susanti terus memompa semangat para pebulutangkis Tim Indonesia, agar bisa mendapatkan emas.

Menjadi salah satu legenda bulutangkis Indonesia, yang pernah mempersembahkan gelar emas Olimpiade, Susi juga sangat ingin generasi bulutangkis yang sekarang bisa mengikuti jejaknya.

Sebagai informasi, wanita yang juga istri legenda bulutangkis Alan Budikusuma ini adalah atlet bulutangkis pertama Indonesia yang bisa meraih medali emas di Olimpiade.

Saat ini, Susi sendiri memegang jabatan sebagai Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PB PBSI. Dia pun menceritakan sebuah kisah unik yang diharapkan bisa menjadi pemicu semangat atlet – atlet muda.

Diceritakan Susi, bahwa ada momen menarik, di satu malam sebelum ia akhirnya bermain di babak final pada Olimpiade 1992 Barcelona. Kala itu, Susi sukses menundukkan Bang Soo hyun (Korsel) dengan skor 5-11, 11-5, 11-3.

Susi merasa sangat bersyukur bisa meraih emas, setelah sempat tertinggal dahulu di gim pertama. Padahal dia mengaku justru malamnya tidak nyaman beristirahat dan susah makan, karena mendapat tekanan dahsyat jelang laga final.

“Perasaan malam itu mata saya sudah dipejamkan, namun tetap tidak bisa tidur, otak saya tak bisa berhenti berpikir terus menerus,” ungkap Susi Susanti dilansir dari BolaSport.com.

“Makan pun dipaksa demi jaga kondisi, padahal saya juga tidak nafsu makan sama sekali, akhirnya malam itu (sebelum final) saya cuman makan nasi pakai abon dan ikan,” imbuhnya.

Dari pengalamannya di ajang Olimpiade tersebut, kini Susi meminta para atlet Tim Indonesia tidak diganggu, jika ada yang ingin bertemu mereka sebelum laga.Dari sisi Susi, hal tersebut bisa memecah konsentrasi dan persiapan atlet.

Meskipun, Susi juga tidak menutup mata, bahwa kasus tersebut bisa jadi akan berbeda – beda kepada setiap orang.

Justru untuk orang lain, bisa jadi hal semacam itu akan memberikan suntikan semangat tersendiri.

Susi pun menyimpan asa, agar kisahnya tersebut, bisa menjadi motivasi tersendiri bagi atlet bulutangkis yang akan membawa nama harum Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Bagi Susi, kesiapan mental jadi hal utama yang harus dijaga dan diperkuat bagi siapapun atlet yang akan berlaga dalam sebuah turnamen, apalagi selevel Olimpiade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here