Target Lolos Olimpiade, Taekwondo Sudah Susun Proposal Pengajuan Pelatnas 

0
Sumber: bolaskor.com

Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) saat ini sudah mantap untuk bisa start melaksanakan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) dalam waktu dekat. Saat ini mereka tengah menyusun proposal Pelatnas dan protokol kesehatannya.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB TI Yefi Triaji. Menurutnya, pengajuan ini akan jadi titik penting bagi pihaknya, karena selama ini para atlet taekwondo tidak dapat berlatih maksimal di GOR POPKI, Cibubur.

Selama ini, enam atlet yang diproyeksikan berlaga di ajang kualifikasi Olimpiade Tokyo hanya tinggal di mes dan menjalankan latihan yang terbatas oleh lahan. Enam atlet tersebut terdiri dari, Muhammad Bassam, Mariska Halinda, Ibrahim Zarman, Adam Yazid, Farel Patra dan Aqila Aulia.

“Hari ini (Rabu 10/06) saya sedang siapkan surat pengajuan pelaksanaan pelatnas di gedung POPKI dan dengan protokol kesehatan. Jadi semua yang terlibat baik atlet, pelatih, manajer, tim pendukung itu harus sehat dulu,” kata Yefi dilansir dari detikSport.

Hingga saat ini, dikatakan Yefi, pihaknya sudah melakukan dua kali rapid test, kepada anggota tim yang terdiri dari, enam atlet kyorugi, empat pelatih, manajer serta lima tim pendukung. Tes pertama dilakukan jelang lebarang, serta yang terakhir pada awal Juni lalu.

“Hasilnya negatif semua. Jadi walaupun pelatnasnya disetop akhir Maret lalu, kami harus memastikan kesehatan mereka dan karantinanya dilakukan secara ketat,” ujarnya.

“Hanya enam atlet saja yang dipelatnaskan karena di Olimpiade cuma mempertandingkan kyorugi. Sedangkan cabang disiplin poomsae belum masuk,” ucap dia menambahkan.

Selain berkeinginan menggelar pelatnas di GOR, PB TI juga merencanakan sejumlah uji coba di Korea Selatan pada Oktober 2020 mendatang.

“Meskipun ajang itu masih dikaji karena melihat keamanan juga, tapi pada prinsipnya ketika diberikan fasilitas untuk pelatnas kembali kami akan gunakan semaksimal mungkin. Karena seorang atlet jika tiga sampai empat hari tidak latihan sudah hancur lagi, dari nol lagi. Makanya ini penting tapi dengan protokol kesehatan yang benar juga.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here