Tak Ada Agenda Internasional, Ini Kegiatan Puspa Arumsari

0
Sumber Gambar: Indosport.com

Pandemi covid-19 membuat roda kompetisi olahraga terhenti di seluruh penjuru dunia. Hal ini jelas mempengaruhi latihan cabor yang terhenti. Salah satunya dialami oleh pesilat nasional Puspa Arumsari. Rehat dari kegiatan berlatih, Puspa kini justru punya kegiatan baru yang mampu juga menjadi pegangan hidupnya.

Adalah usaha konveksi dan olahraga yang kini menjadi kegiatan utama dari Puspa. Sebenarnya bisnis ini sudah lama ia tekuni, namun selama ini hanya menjadi sampingan, karena dia lebih fokus berlatih silat.

Namun dengan merebaknya pandemi covid-19, kini justru bisnis tersebut yang menjadi fokus kegiatan Puspa sehari – hari. Bersyukur, mendapat perhatian lebih dari si pemilik, usaha tersebut kini justru menunjukkan kemajuan.

’’Alhamdulillah masih aman,’’ kata perempuan yang akrab disapa Dara, seperti dikutip dari Jawapos.com.

Kata masih aman tersebut, menurut Dara dalam arti, permintaan masih tinggi dan relative meningkat. Ia juga melakukan hal penting dalam rangka menekan pengeluaran dalam bisnis tersebut. Yaitu, dengan merelokasi tempat berjualannya. Dimana sebelum wabah, Dara memiliki outlet di kawasan Lubang Buaya, namun sekarang dia memindah took nya ke dekat rumah, di dekat Mabes Setu Cipayung.

Jaraknya memang tidak terlampau jauh dari toko lama, tapi lokasi yang sekarang adalah milik Dara pribadi, sehingga dia tidak perlu mengeluarkan biay sewa. Memang tempatnya belum jadi 100 persen, tapi tidak menjadi masalah, karena di Ibu Kota, juga masih menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).. Sehingga belum banyak pengunjung ke toko.

’’Nah, sembari menunggu toko selesai dibangun, pas banget kita jalan lewat online saja,’’ ungkap Dara.

Disamping secara online mandiri, alumnus Politeknik Negeri Jakarta itu, juga merasa tenang dalam berjualan, karena selama ini dibantu oleh beberapa reseller.

’’Jadi, ya aman saja,’’ kata perempuan yang genap berusia 27 tahun pada 10 Maret itu.

Pesilat dari Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate ini juga mengakatan bahwa antara profesi sebagai atlet dan bisnis ini saling melengkapi. Penghasilan dari berjualan, bisa untuk mendukung pemenuhan kebutuhan ekstra dalam berlatih. Sebaliknya, bonus yang didapat juga bisa untuk pengembangan usaha. Seperti yang diraih dara saat meraih emas di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

’’Sebagian iya, tapi nggak banyak,’’ ucapnya.

Sedangkan untuk aktivitas berlatih saat ini di tengah pandemi, diakui Dara memang masih dia lakukan, namun sudah berkurang jauh. Saat ini dia hanya berlatih untuk menjaga fisik, serta juga menajamkan teknik lewat latihan virtual dengan materi dari tim pelatih.

Dara sebenarnya diproyeksikan untuk bisa berlaga di Belgia Open yang semestinya digelar pada Mei 2020. Juga Kejuaraan Dunia di Malaysia pada Juni. Tapi dua agenda tersebut harus ditunda hingga entah kapan. Agenda palin dekat yang waktunya sudah fix adalah PON XX/2020 Papua, yang akan dihelat pada 2021 mendatang.

’’Tapi, belum tahu deh. Kondisi kayak gini semua event juga mundur. Sekarang tinggal PON saja yang pasti,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here