Sulsel jadi Juara Nasional Pentanque 2018, Apa Anda Tahu Tentang Olahraga Ini?

0
Sumber Gambar: Tribun News

Pecinta olahraga di Indonesia tentu masih belum familiar dengan nama cabang olahraga Petanque. Ya, olahraga yang berasa dari Perancis ini memang tergolong olahraga baru di Indonesia. Meski baru, Olahraga ini ternyata mengalami perkembangan yang cukup baik, buktinya beberapa daerah telah memiliki atlet dan kejuaraan nasional Pentaque sudah banyak berlangsung di beberapa daerah di Tanah Air.

Hal tersebut dapat dilihat dalamKejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque III Jatim yang berlangsung di Kota Surabaya yang dimulai pada Selasa (30/10) dan akan berakhir pada Minggu (4/11) mendatang. Menariknya dalam Kejurnas Itu, Tim Pentaque Sulwesi Selatan justru yang mampu meraih medali emas.

Zaky mempersembahkan medali emas pertama untuk kontingen Sulsel pada nomor single man. Ia mengalahkan para pesaingnya, termasuk atlet tuan rumah Jawa Timur (Jatim). Sulsel juga menambah pundi-pundi medalinya setelah merebut perunggu pada nomor single women melalui atletnya, Ramlah. Wakil Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulsel, Nukhrawi Nawir, mengatakan, capaian para atlet Sulsel ini adalah permulaan untuk terus mengukir prestasi kedepannya.

“Kami bangga atas capaian ini, semoga medali tim kita terus bertambah. Kejurnas ini juga bagian dari persiapan untuk mengikuti Pra-PON yang mana Petanque sudah resmi dipertandingkan di PON 2020 Papua,” jelas Nukhrawi Nawir, dilansir dari Tribunnews.com

Sepintas tentang olahraga Pentaque, Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan. Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter. Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim.

Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Di Perancis, olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Perancis memainkan olahraga tersebut. Petanque pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang. Di Indonesia sendiri cabang olahraga ini tengah dikembangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here