Sukses Asian Para Games, Kemenpora Gelar Festival Ini

0
[:In]asianparagames2018.id[:]

Keberhasilan Indonesia pada ajang Asian Para Games 2018, menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk terus melanjutkan semangat berolahraga bagi para disabilitas.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya berinisiatif menggelar Festival Olahraga Disabilitas 2018 yang berlangsung di Lapangan Panahan Kenari, DI. Yogyakarta, Sabtu (20/10). Dengan tema ‘Dalam Keterbatasan Mewujudkan Impian’, kompetisi ini diharapkan terus menjaga momentum yang telah terbangun.

Kemenpora melibatkan 79 Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi DIY yang diikuti kurang lebih 500 pelajar dari Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. Cabang olahraga yang dipertandingkan pada Festival Olahraga Disabilitas 2018 cukup beragama, yakni: atletik, bulutangkis, boccia, futsal, goal ball, dan judo.

Dilansir dari Kastara.id, Kabid Olahraga Usia Dini, Lansia dan Lembaga Kemasyarakatan Kemenpora Agustin Arianti, yang mewakili Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahardian, menyebut bila prestasi membanggakan atlet disablitas Indonesia menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya.

“Dengan adanya Festival Olahraga Disabilitas ini diharapkan bisa menambah antusias bagi adik-adik disabilitas untuk berolahraga. Acara ini juga sejalan dengan gerakan Ayo Olahraga.  Kemenpora akan terus menggiatkan kegiatan masyarakat agar bergerak dan berolahraga. Kepada anak-anak saya harapkan nanti bisa bermain dan berolahraga dengan senang,” jelasnya.

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada semua peserta yang ikut acara ini. Yogyakarta kurang lengkap tanpa kehadiran adik-adik semua,” imbuh Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Edy Wahyudi.

“Yang pasti kami menyambut gembira sekali dengan acara ini. Ada 500 anak dalam posisi disabilitas yang bisa kita lihat bersama kecerianya muncul, karena mereka selain berolahraga juga bisa bertemu dengan teman-temannya. Di tengah keterbatasan, anak-anak ini memiliki kemampuan yang luar biasa. Harapan kami bisa menggugah pembinaan anak-anak disabilitas untuk menjadi berprestasi.”

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Olahraga Ismun Dwi Karyatiningsih berharap kegiatan ini memotivasi anak-anak pelajar di kalangan disabilitas. “Kami menyelenggarakan acara ini bertujuan untuk sosialisasi cabang-cabang olahraga disabilitas yang kemarin juga dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Kegiatan ini baru dua kali kita buat. Harapanya tiap tahun ada kegiatan semcam ini, dan ini juga menjadi stimulan bagi pemerintah daerah untuk menggiatkan olahraga bagi disabilitas,” katanya.

Indonesia sendiri mampu menembus peringkat lima besar Asian Para Games 2018 lalu dan ini menjadi catatan prestasi yang membanggakan bagi kalangan disabilitas. Pencapaian tersebut merupakan yang terbaik bagi Indonesia sejak kali pertama keikutsertaan mereka di Asian Para Games 2010.

Para atlet disablitas Indonesia berhasil meraih total 135 medali dengan rincian 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here