Spirit Juara Umum Asian Beach Games, Jadi Modal Berharga Tim Indonesia di ANOC 2019

0

Keadaan geologi yang tersusun dari gugusan pulau membuat Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam ranah olahraga pantai. Fakta ini bisa menjadi motivasi 12 atlet Indonesia yang berlaga di ANOC Beach Games 2019 di Qatar.

Indonesia bisa dibilang memiliki catatan apik di sektor olahraga Pantai. Puncak prestasi Tim Merah Putih terjadi saat menjadi tuan rumah Asian Beach Games di Pulau Dewata bali tahun 2008 silam. Dalam event olahraga pantai terbesar se-Asia tersebut diikuti oleh 1,665 atlet dari 41 negara Benua Asia. Tercatat ada 71 kompetisi yang digelar dari 19 cabang olahraga yang diperlombakan.

Sebagai tuan rumah Indonesia menyumbangkan sekitar 214 atlet dari 19 cabor. Dan dari jumlah tersebut Ibu Pertiwi mampu menjadi juara umum dengan torehan total 51 medali, 23 medali emas, 8 medali perak dan 20 medali perunggu.

Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat atlet-atlet indonesia harus bersaing dengan ribuan atlet dari negara lain. sekaligus menjadi tanda bahwa putra putri Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor olahraga pantai.

Dan kini Indonesia mendapatkan tantangan baru ANOC Beach Games 2019. Meskipun event yang diselenggarakan Association of National Olympic Committees tersebut masih edisi perdana, namun level komepetisi nya sudah mencakup dunia ini menjadi momen yang pas untuk mengukur kemampuan Indonesia di hadapan atlet-atlet kelas dunia.

Sayang pada kesempatan ini Indonesia belum bisa berpartisipasi penuh dalam semua cabang olahraga yang diperlombakan. hanya tiga cabang olahraga saja yakni : Basket 3 x 3 Putri, Beach Volley 4 × 4 Putra, dan Karate nomor kata putra dan putri. 12 atlet terbaik pun dipilih untuk mengharumkan nama Ibu Pertiwi.

Kendati menaruh optimisme yang besar, namu Hellen Sarita Delima selaku Plt Sekjen KOI ini tidak mau menjanjikan yang muluk-muluk.

“Kita tidak berani menjanjikan medali karena persaingan di ANOC World Beach Games 2019 itu sangat ketat. Atlet-atlet berprestasi dunia dipastikan akan ambil bagian,” jelasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here