Sosok Nur Vinatasari, Peraih Medali Pertama Indonesia di YOG 2018  

0
Sumber Gambar: Tempo.co

Kontingen Indonesia yag berlaga di ajang Youth Olympic Games 2018 yang berlangsung di kota Buenos Aires, Argentina akhirnya memperoleh hasil. Satu medali perunggu diperoleh dari cabang olahraga angkt besi.

Peraih medali tersebut adalah, atlet perempuan bernama Nur Vinatasari. Vina panggilan akrabnya berhasil meraih medali perunggu saat diturunkan di kelas 53 kilogram putri.
Vina berhasil merebut medali perunggu dengan membukukan catatan angkatan 162 kilogram.  Sementara medali emas di kelas ini diraih oleh atlet bernama Baltag Sabina dari Romania dengan angkatan 177 Kg. Sedangkan perak menjadi milik Junkar Acero atlet dari Kolombia dengan angkatan sebanyak 176 Kg.

Nur Vina, atlet kelahiran Pringsewu, Lampung, 5 Iuli 2001, sehari sebelumnya sempat mengalami sedikit masalah karena berat badan yang meningkat. Namun berkat tekat kuat dan keinginan yg luar biasa, ia mampu mengembalikan berat badan pada posisi ideal dan akhirnya berhasil meraih medali perunggu. Raihan medali perunggu ini merupakan yang pertama diraih oleh Indonesia.

“Saya bangga, saya berharap bisa menjadi motivasi bagi anak muda Indonesia lainnya untuk mampu memberikan yg terbaik kepada bangsa dan negara” ujar Vina dilansir dari tempo.co (07/10/18).

Youth Olympic Games adalah ajang bergengsi di kalangan pemuda berusia 14 sampai dengan 18 tahun dan merupakan salah satu paramater untuk menuju ke jenjang selanjutnya, kelas senior.

Chef de Mission Tim Indonesia YOG, Dito Ario, menyatakan sangat gembira dengan hasil yang diraih oleh para atletnya itu. Dito juga mengatakn raihan tersebut menyamai dengan hasil yout Olympic Game 2014 di Nanjing, Cina.

“Hasil ini menyamai pencapaian YOG sebelumnya 2014 di Nanjing, Cina, dan berharap akan bertambah lagi, ada beberapa cabor lagi yang berpotensi mengharumkan nama bangsa,” kata dia.

Youth Olympic Games 2018 berlangsung di Argentina mulai 6 Oktober 2018 dan akan berakhir lusa pada 18 Oktober 2018. Olimpiade Remaja ini mempertandingkan 32 cabang dengan 241 nomor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here