Soal Penundaan Olimpiade, Panahan Segera Tata Ulang Program Latihan Atlet

0

Kepastian penundaan pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020, langsung berimbas kepada persiapan para atlet. Program latihan yang sudah jauh hari direncanakan dan ditata dengan baik, terpaksa harus dibuat ulang.

Seperti yang dialami oleh Persatuan Panahan Indonesia (Perpani), yang kini harus kembali menyusun program pemusatan latihan, lantaran Olimpiade 2020 Tokyo yang resmi ditunda. Hal ini dinilai pengurus Perpani sebagai konsekuensi yang harus menjadi bahasan bersama.

“Planning program yang harus disusun meski ditinjau kembali,” kata Sekretaris Jenderal Perpani, Nyak Amir, seperti dikutip dari Antara.

Diimbuhkan Nyak Amir, bahwa penundaan ini seperti dua sisi mata uang. Ada dampak positif dan negatif di sana. Sisi positifnya, kini atlet punya waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan diri. Sedangkan sisi negatifnya ada di sisi anggaran yang dipastikan akan berubah dan membengkak.

“Tentunya dengan ditundanya Olimpiade ini, proses Pelatnas akan berkepanjangan sampai 2021. Artinya anggaran bakal lebih besar,” tuturnya.

Sejauh ini, Perpani sudah mengajukan proposal anggaran untuk Pelatnas Olimpiade jangka panjang sebesar Rp 14 miliar, yang rencana dihelat dari April hingga Desember 2020.
Induk cabor panahan itu juga mengagendakan Pelatnas di luar negeri pada akhir tahun nanti di Belanda.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Olimpiade Tokyo 2020 ditunda hingga tahun depan 2021, dampak dari pandemi virus corona (covid-19) yang masih terus merebak di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here