Sepuluh Ribu Pelari Ramaikan Borobudur Marathon 2019

0
Sumber Gambar: Nicholas Ryan Aditya/Kompas

Sekitar 10.000 pelari marathon dilepas hari Minggu, 17 November 2019 untuk mengikuti lomba lari Borobudur Marathon 2019. Para peserta dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kawasan Taman Lumbini Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur Marathon 2019 kali ini melombakan 3 kategori yaitu Marathon penuh, 10K dan Half Marathon. Sebanyak 2.330 pelari mengikuti marathon penuh, 4.300 pelari mengikuti masing-masing half marathon dan 10K.

Sekitar 300 pelari datang dari 16 negara dan sisanya merupakan para pelari dari Indonesia. Mereka dilepas di waktu yang berbeda. Para pelari maraton penuh dilepas pukul 05.00 WIB, kemudian half marathon pukul 05.30 WIB, dan 10K pukul 06.10 WIB.

Di sepanjang lomba, para pelari juga akan disuguhi oleh pemandangan yang indah. Seperti yang dikutip dari Tempo, Gubernur Ganjar Pranowo yang mengikuti lomba jarak 10K mengharapkan para pelari bisa mengikuti lomba dengan bahagia.

“Kami doakan para pelari berlomba dengan senang dan bahagia,” katanya.

Sebelumnya, Muhammad Hatta Manager Pendampingan Program PT Manajemen Community Based Tourism (CBT) Nusantara mengharapkan lomba Borobudur Marathon 2019 ini mampu mengangkat potensi sekitar Candi Borobudur. Selain menambah jumlah kunjungan hotel dan penginapan, sektor lain seperti paket wisata, kuliner, dan hiburan pop akan mendapat keuntungan.

“Kebutuhan transportasi, spot untuk wisata, kuliner sampai objek-objek lainnya yang ada di Borobudur juga akan terdampak,” ujarnya kepada Tempo (14/11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here