Semangat SEA Games 2017 Jadi Modal Berharga Cabor Atletik Borong Medali

0

Cabor Atletik siap bersiap mengulang kembali kesuksesan Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia silam. Dengan kualitas atlet saat ini, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) optimis bisa memborong medali SEA Games 2019 di Filipina, 30 November sampai 12 Desember nanti.

Sebagai informasi, Indonesia berhasil mengamankan 5 medali emas,7 perak dan 3 medali perunggu di SEA Games 2017 silam. Prestasi tersebut membuat Atletik menjadi cabor dengan sumbangsih medali terbanyak saat itu.

“Inginnya sih tak mengubah posisi menjadi peraih medali terbanyak seperti di SEA Games 201. Saya ingin medali sebanyak-banyaknya biar tetap menjaga marwah atletik tetap sebagai induk olahraga,” ujar Mustara selaku manajer tim atletik indonesia untuk SEA Games 2019 dilansir dari Suara.com.

Disisi lain raihan tersebut belum cukup menjadikan Indonesia sebagai juara umum. Indonesia masih kalah jauh dengan Vietnam yang berhasil mengemas 17 emas, 11 perak, dan 6 perunggu dari cabang atletik saja.

Di sisi lain pada SEA Games kali ini Indonesia menyasar minimal empat medali emas. Mustara mengakui empat emas yang dipatok ini adalah target yang paling matang yang bisa diraih.

“Kita menargetkan medali emas dari Agus Prayogo (lari jauh 10 km putra), Emilia Nova (lari gawang 100 meter putri), Hendro Yap (jalan cepat 20 km putra), serta Tim Estafet 4×100 meter putra,” jelas Mustara.

Tentu saja empat emas bukanlah target final, karena banyak atlet Indonesia lain yang memiliki potensi mendulang medali dimasing-masing nomornya.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang mendapatkan medali lebih banyak dengan menurunkan Muhammad Zohri. Namun atlet tercepat Indonesia tersebut tidak diturunkan demi memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda yang lain. Cabor atletik Indonesia sendiri mengirimkan 35 atlet ke SEA Games 2019 dengan komposisi 60 persen merupakan atlet muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here