SEA Games Bukan Lagi Target Utama

0

Setelah meraih prestasi cukup baik di Asian Games 2018, pemerintah tidak lagi menetapkan SEA Games sebagai target utama. Pesta olahraga se Asia Tenggara ini hanya akan menjadi ajang bagi atlet Indonesia yang belum berprestasi sekaligus sebagai ajang regenerasi atet-atlet muda.

Keputusan pemerintah ini didorong oleh beberapa faktor. Misalnya, penentuan cabang olahraga di SEA Games sangat bergantung kepada kebijakan tuan rumah. Hal ini berbeda dengan Asian Games yang mayoritas cabangnya sudah berkiblat ke olimpiade, sehingga SEA Games tidak bisa dipakai sebagai tolok ukur prestasi.

“Tentu kita akan mengikuti kebijakan pemerintah. SEA Games memang berbeda dengan Asian Games yang mayoritas cabornya merupakan cabang yang dipertandingkan di Olimpiade. Di SEA Games, cabang olahraga ditentukan tuan rumah,” ujar Suwarno, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, seperti yang dikutip dari Media Indonesia.

Meski begitu, Indonesia tetap akan menurunkan beberapa atlet seniornya di beberapa cabang unggulan. Ini dimaksudkan supaya para atlet senior melakukan mentoring terhadap para atlet junior saat berlaga di ajang internasional. Seperti dikutip dari Sindonews.com, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewabroto mengungkapkan bahwa SEA Games merupakan kesempatan bagi para atlet muda untuk tampil.

“Jadi, tidak kaku. Nanti beberapa cabor tertentu (unggulan) akan ada yang mix(gabungan juniorsenior), misalnya, probabilitasnya berapa persen, nanti akan lebih lanjut. Karena, tanpa itu, kapan lagi pemain junior dapat kesempatan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here