SEA Games 2019 : Susy Susanti Beber Alasan Masukan Anthony Sinisuka Ginting Secara Mendadak

0
Sumber: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari

Anthony Sinisuka Ginting dipastikan menjadi bagian dari tim Indonesia yang dibawa untuk bertandingan di SEA Games 2019 di Filipina. Ginting masuk pada saat-saat terakhir terakhir menggantikan pemain tunggal Putra Daniel Marthin.

Perubahan sususan pemain tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

“Kami memang mengajukan perubahan nama dari Daniel diganti Anthony,” kata Susy Susanti, dilansir Antara.

Sebelumnya PBSI tidak berniat menurunkan pebulu tangkis yang menduduki peringkat 8 dunia tersebut. Kontingen Indonesia cukup optimis dengan komposisi yang didominasi pemain muda. Tanpa bermaksud mendeskreditkan, PBSI ingin menjadikan SEA Games 2019 sebagai ajang untuk pematangan diri bagi atlet-atlet muda.

Selain itu konsentrasi Indonesia terbelah, antara SEA Games 2019 dan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Sehingga beberapa atlet senior difokuskan ke Olimpiade Tokyo dan terpaksa absen dari SEA Games.

Akan tetapi menjelang hari-H, kontingen Indonesia berubah pikiran setelah melihat rilis nama-nama atlet yang diturunkan oleh negara lain. Untuk mengimbangi peta persaingan tersebut mereka pun melakukan sedikit perubahan dengan masukan Anthony Sinisuka Ginting.

“Alasannya untuk memperkuat tim dan mengamankan medali di SEA Games, untuk memperkuat skuad tunggal putra. Karena dari sektor ganda belum bisa pasti menyumbang dua poin,” ujar Susy melanjutkan.

Nantinya pebulutangkis berusia 23 tahun tersebut akan tampil di nomor beregu bersama dengan Jhonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavio dan Fimran Abdul Kholik.

Namun untuk Anthony Sinisuka Ginting dan Jhonatan Christie tidak akan turun dinomor tunggal putra. Pasalnya keduanya dipersiapkan untuk turnamen BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, China.

“Anthony dan Jonatan akan bermain pada nomor beregu saja karena persiapan pertandingan World Tour Final di Guangzhou,” ucap legenda hidup bulutangkis Indonesia tersebut menandaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here