Satu Gelar Juara All England 2018 dari Kevin dan Marcus

0
Kevin Sanjaya Sukamulyo dan Marcus Fernaldi Gideon , sumber: bwfworldtour.com

Indonesia akhirnya kebagian gelar juara di turnamen All England 2018. Gelar ini jatuh ke nomor ganda putera, setelah Kevin Sanjaya Sukamulyo dan Marcus Fernaldi Gideon berhasil mengalahkan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan angka 21-18 dan 21-17.

Gelar juara di turnamen All England 2018 ini merupakan pelipur lara bagi dunia bulutangkis Indonesia. Dari semua nomor yang diikuti, hanya pasangan ganda putra ini yang masuk ke babak semifinal. Selebihnya, gugur di perempat final dan babak kedua turnamen. Hal ini menjadi catatan, saat Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian games 2018 dan menargetkan meraih 3 medali emas dari cabang ini.

Keberhasilan pasangan Kevin Sanjaya Sukamulyo dan Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan gelar ini bukan yang pertama bagi pasangan ganda putra Indonesia di All England. Sebelumnya, pasangan putra Indonesia terakhir yang berhasil mempertahankan gelar adalah pasangan Ricky Subagja/Rexy Mainaky di tahun 1995 dan 1996. Di era 70-an, pasangan Christian Hadinata/Ade Chandra menjadi pioner dengan menjuara All England di tahun 1972 dan 1973.

Prestasi Hadinata/Ade diikuti pasangan Tjun-tjun/Johan Wahyudi yang menjadi juara di tahun 1974 dan 1975. Dalam sejarah keikutsertaan di All England, ganda putera Indonesia yang paling banyak meraih gelar All England secara berturut-turut adalah pasangan Tjun-tjun/Johan Wahyudi, yang menjadi juara di tahun 1977 sampai 1980.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here