Rudy Hartono dan Cita-Cita Mulianya Bina Bulutangkis Sejak Sedini Mungkin

0
Sumber Gambar: Okezone

Legenda bulutangkis Indonesia Rudy Hartono, masih menyimpan asa untuk bisa terus mengembangkan salah satu olahraga terpopuler di Tanah Air tersebut, walaupun sudah lama dirinya gantung raket.

Pemilik gelar juara empat kali Piala Thomas tersebut, mengungkapkan bahwa dirinya masih ingin bisa terus memberikan sumbangsih kepada dunia yang berhasil melambungkan namanya ke level dunia tersebut.

Salah satu caranya, di akhir tahun 2020, Rudy Hartono berencana untuk bisa menjalankan program pengenalan olahraga bulutangkis di level sekolah dasar (SD). Rencana, giat ini akan berlangsung di sejumlah kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Yogyakarta dan juga Malang.

“Ini keinginan saya memasyarakatkan bulutangkis, agar masuk sekolah SD. Saya harus bekerja sama dengan perusahaan yang minat mendukung,” kata Rudy Hartono seperti dikutip dari Suara.com.

Terkait dengan nama program, Rudy masih ingin menyimpannya rapat – rapat, karena saat ini masih dalam tahap pematangan, bersama sejumlah pihak yang akan dia gandeng. Hanya saja disampaikan oleh pemilik satu gelar juara dunia tersebut, program ini sudah dia pikirkan sejak 10 tahun lalu.

Hanya saja, kesempatan untuk bisa meng gelarnya, baru bisa terwujud sekarang – sekarang ini.

“Sudah saya pikirkan 10 tahun lalu, cuma belum bisa tembus. Ini sudah ada titik terang, tapi baru titik, belum jadi sinar,” jelas Rudy Hartono.

Menurut pria yang kini berusia 70 tahun tersebut, bulutangkis memang merupakan olahraga yang cocok untuk masyarakat Tanah Air.

Tidak hanya berhasil berkali – kali membanggakan Merah Putih, karena berhasil meraih prestasi internasional, namun bulutangkis dinilai Rudy memang sangat pas dimainkan orang Asia yang relatif lentur.

Level sekolah dasar, dipilih Rudy, karena menurutnya, memperbaiki mental calon atlet harus dilakukan sedini mungkin. Sehingga usia SD dia anggap paling tepat.

“Pada usia dini, seseorang tak cukup hanya diberikan wejangan mengenai Pancasila dan budi pekerti. Tapi bagaimana membina tubuh dan jiwa yang kuat,” papar pria asli Surabaya tersebut..

“Olahraga itu merupakan pertarungan, tapi semua dilakukan dengan jujur, usaha dan niat. Olahraga juga diakui dunia, kenapa sampai ada kejuaraan Olimpiade.”

“Kalau anak-anak diperkenalkan olahraga secara teratur, dia akan menghargai waktu dan kesempatan,” tambahnya.

Sekolah – sekolah yang akan dikunjungi Rudy dan programnya nanti, diharapkan akan bisa menjadikan bulutangkis sebagai ekstrakurikuler utama di sana.Sehingga akan lebih banyak siswa – siswi yang dibina dan diasah bakatnya dalam bulutangkis.

“Bulutangkis itu olahraga perorangan, jadi tidak butuh lapangan besar layaknya sepakbola. Bulutangkis juga sudah merakyat, dan tinggal bagaimana caranya sistemnya itu diubah agar berprestasi,” jelas Rudy.

Besar harapan Rudy agar program pembinaan ini nantinya bisa benar – benar terlaksana, agar cita- citanya untuk bisa terus berperan dalam pembinaan prestasi bulutangkis Indonesia bisa terwujud.

“Saya yakin sekarang belum kelihatan. Tapi mudah-mudahan apa yang saya inginkan ini, terutama untuk bulutangkis terwujud,” beber pria yang juga menjabat Ketua Umum PB Jaya Raya.

“Akhir tahun ini (programnya) akan bergulir. Nanti kalau sudah mengkristal (jadi), sponsor sudah siap, pasti nanti ada konferensi pers,” tandas Rudy Hartono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here