Rudi Hartono, Rekor All England dan Ambisi Untuk Terus Mengejar Juara

0
Rudi Hartono, dan catatan gelar juara di All England. Sumber: CNN Indonesia

“Di dunia bulutangkis ada dua jenis pemain. Yang pertama adalah pemain yang memiliki pukulan hebat, bermain cantik, tetapi tidak selalu menang. Sedangkan satu lagi merupakan tipe pemain yang pukulannya mungkin tidak terlalu hebat, tetapi selalu meraih kemenangan. Itulah Rudy. Permainan dia itu istilahnya tak mementingkan style.” – Tan Joe Hok.

Inilah salah satu pujian seorang senior yang disematkan kepada juniornya, Rudi Hartono. Tan Joe Hok adalah atlet bulutangkis Indonesia pertama yang berhasil menjuarai All England di nomor tunggal putra. Kelak, gelar itu jatuh ke tangan seorang pemain asal Surabaya, Rudi Hartono.

Rudi Hartono dapat dikatakan merupakan pebulutangkis Indonesia yang paling sukses di arena All England. Pria kelahiran 18 Agustus 1949 ini berhasil menyabet 8 gelar juara dan 7 di antaranya dilakukan secara berturut-turut. Jumlah ini merupakan rekor yang sampai saat ini belum bisa dilampaui oleh pemain manapun.

Seperti dikutip CNN Indonesia, Rudi merupakan sosok pemain yang sangat ambisius untuk mengejar apa yang ia inginkan. Konsentrasi untuk terus berlatih membuatnya mengabaikan banyak hal. “Saya sibuk latihan. Apalagi mimpi saya kan menjadi juara. Maka saya harus mengabaikan hal lainnya dan hanya konsentrasi pada latihan,” ujarnya kepada CNN Indonesia.

Gelar pertama direbut setelah Rudi Hartono menumbangkan Tan Aik Huang di tahun 1968. Setelah kemenangan itu, Rudi berhasil mempertahankan gelarnya di 6 final tunggal putra All England. Setelah juara selama 7 kali berturut di All England, kemenangan Rudi Hartono akhirnya terputus juga. Di tahun 1975, Rudi Hartono harus rela melepas gelarnya setelah kalah oleh Svend Pri di final.

Kegagalan di tahun 1975 tidak membuat ambisi Rudi tenggelam. Pria asal Surabaya ini kembali merebut gelar tunggal putra di gelaran All England tahun 1976. Pada pertandingan tersebut, Rudi Hartono berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Liem Swie King. Kemenangan ini merupakan gelar juara terakhir Rudi Hartono di All England.

Juara sebanyak 8 kali di All England, membuat nama pria pekerja keras ini tercatat dalam Guiness Book of World Records di tahun 1982.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here