Rekam Jejak Bulutangkis, Cabor tersukses Tim Indonesia dalam Sejarah Olimpiade

0
Sumber Gambar: Dok PBSI

Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah resmi ditunda hingga satu tahun berikutnya, karena pandemi virus corona (covid-19). Indonesia sebagai salah satu peserta, sudah berlapang dada dengan penundaan tersebut, karena masalah kemanusiaan memang lebih penting.

Namun, berbicara soal kiprah Tim Indonesia di Olimpiade, ternyata Negeri dengan beribu kepulauan ini, punya catatan bagus dalam pesta olahraga terbesar di bumi tersebut, yang selama sejarah keikutsertaan Tim Indonesia di Olimpiade, sudah mempersembahkan 7 medali emas, 13 perak dan 12 perunggu.

Dari total 32 medali yang didapat Indonesia di Olimpiade tersebut, menariknya, 19 diantaranya merupakan persembahan dari bulutangkis. Bahkan semua medali emas yang pernah diraih Merah Putih juga berasal dari salah satu olahraga terpopuler di Tanah Air tersebut.

Sedangkan 12 medali lain, dihadirkan dari cabor angkat besi. Sementara panahan sepanjang sejarah baru menyumbangkan satu medali. Meskipun begitu satu medali panahan ini sangat bersejarah dan berharga dalam perjalanan prestasi Indonesia.

Sebab, trio Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani sukses mempersembahkan medali perdana untuk Indonesia di Olimpiade Seoul 1988. Ketika itu Tim Panahan Indonesia berhasil meraih medali perak.

Kali ini, kami akan membuat daftar para pebulutangkis yang sukses mempersembahkan medali emas bagi Tim Indonesia dalam sejarah Olimpiade

Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas di Olimpiade
Susi Susanti-Olimpiade Barcelona 1992 (tunggal putri)
Alan Budikusuma-Olimpiade Barcelona 1992 (tunggal putra)
Rexy Mainaky/Ricky Subagja-Olimpiade Atlanta 1996 (ganda putra)
Tony Gunawan/Candra Wijaya-Olimpiade Sydney 2000 (ganda putra)
Taufik Hidayat-Olimpiade Athena 2004 (tunggal putra)
Hendra Setiawan/Markis Kido-Olimpiade Beijing 2008 (ganda putra)
Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad-Olimpiade Rio de Janeiro 2016 (ganda campuran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here