Rangkuman Perjalanan Indonesia Di ANOC World Beach Games

0

Gelaran ANOC World Beach Games 2019 yang digelar di Qatar resmi berakhir. Sayangnya Indonesia kali gagal mendulang hasil maksimal. Indonesia sendiri mengirim 12 atlet yang berkompetisi di tiga cabor yang berbeda, yakni Basket 3×3 Putri, Karate Kata Putra & Putri, serta Voli Pantai Putra.

Perjuangan ke-12 atlet mendulang sejumlah cerita, haru, suka, duka, bangga semua campur menjadi satu. Namun yang jelas perjuangan pahlawan-pahwalan olahraga ini patut mendapatkan apresiasi. Dengan gigij mereka berjuang sekuat tenaga untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih ditanah orang.

Berikut rangkuman kiprah Indoensia ANOC World Beach Games 2019.

Karate Kata Putri
Pada cabang olahraga karate kata putri Indonesia diwakili oleh Nawar Kautsar. Prestasi Nawar dibeberapa kompetisi sebelumnya membuat KOI menaruh harapan besar kepadanya. Ia pun menajdi satu-satunya atlet yang ditarget untuk membawa pulang medari pada AWBG kali ini.

Sayangnya ekspetasi tidak sesuai realita. Ketatnya persaingan membuat Karateka berusia 23 tahun tersebut pulang cepat pada babak kualifikasi grub B. Gerakan yang diperagakan Nawar hanya mendapatkan 22.66 poin. Jumlah tersebut membuatnya bertenger diurutan 29 dari 32 atlet putri yang bertanding.

Karate Kata Putra
Kejutan justru datang dari tim karate putra. Meskipun pulang tanpa medali, namun Zigi Zaresta membuat kejutan dengan bertenger diposisi ke-5 dari 32 atlet.

Zigi mengawali babak kualifikasi grup A dengan sangat baik. Pada round pertama dia mampu bertenger diposisi ketiga dengan torehan 24.94 poin, selisih 0.34 poin saja dari pemuncak grup. Di round kedua ia sempat turun diposisi ke-4. Namun ia berhasil memantapkan pijakan pada ranking round dengan bertenger diposisi ke-3.

Raihan tersebut sudah cukup membawa Zigi melaju kebabak empat besar untuk berebut medali perunggu. Sayangnya secara dramatis ia kalah dari wakil Amerika Serikat Gakuji Tozaki. Pada babak ini Zigi kalah tipis 25.08 – 24.54 dari Tozaki.

Basket 3×3 Putri
Nasib kurang beruntung juga dialami tim basket 3×3 putri yang diwakili Christie Rumambi, Ayu Sriartha, Jovita Elizabeth Simon, dan Dyah Lestari. Dari tiga laga babak penyisihan grup J mereka hanya mampu mendulang satu kemenangan. Langkah mereka resmi terhenti usai ditumbangkan China 21-10 dipartai pamungkas.

asil tersebut membuat Jovita dan kawan-kawan finish di posisi ketiga Grup B. Sedangkan secara keseluruhan mereka berada diposisi ke-10 dari total 16 negara.

Voli Pantai Putra 4×4
Kejutan hadir dari Voli Pantai Putra yang sukses mempersembahkan medali perunggu. Sekaligus menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang mendulang sukses medali pada edisi perdana ANOC World Beach Games 2019.

Sempat terseok dibabak grup Tio Santoso dan kawan-kawan tampil menggebrak dibabak playoff. Diababak perempat final mereka sukses menumbangkan Australia melalui set ketiga (23-25, 12-16, 15-9). Sayangnya dibabak semifinal mereka tumbang ditangan Amerika Serikat dengan dua set sekaligus (21-15, 21-12). Hasil tersebut sekaligus mengubur asa mereka untuk mendulang medali emas atau perunggu.

Tak ingin pulang dengan tangan kosong, anak asuh Slamet Mulyanto ini pun membawa pulang perunggu usai menyelesaikan perlawan sengit Polandia 21-13, 19-21, 15-11.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here