Rahasia Mohammad Ahsan Jalani Ibadah Puasa Bareng Pelatnas Cipayung

0
Sumber Gambar: Kumparan

Atlet Tim Indonesia yang memperkuat nomor ganda putra Mohammad Ahsan mengakui punya trik khusus agar selalu fit dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan sekaligus tetap berlatih di masa pandemi covid-19.

Seperti dilansir dari Tempo.co, Ahsan menyebutkan, bahwa rutin konsumsi madu pada saat sahur menjadi rahasia untuk menjaga kebugarannya.

“Yang paling penting jangan lupa sahur. Lalu konsumsi madu dan vitamin,” kata Ahsan.

Pebulutangkis yang berpasangan dengan Hendra Setiawan tersebut berkata, selain rajin konsumsi vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuh, madu juga memiliki banyak khasiat penting yang berguna bagi tubuh. Yaitu menjadi sumber energi yang baik, sehingga badan tidak mudah lemas meski berpuasa dan menjalani latihan bersama pelatnas Cipayung.

Sementara, dengan penundaan berbagai turnamen bulutangkis internasional akibat pandemi covid-19, Ahsan bertekad untuk bisa fokus menjalankan puasa dan beribadah pada tahun ini.

Diakui Ahsan, jika kalender kompetisi berjalan normal, dirinya selalu kesulitan untuk bisa melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya gak bisa puasa penuh. Tapi insyaallah tahun ini bisa puasa penuh,” kata Ahsan.

Bulan Ramadhan tahun 2020 memang berbeda bagi Mohammad Ahsan dan rekan – rekanya, karena biasanya pada masa seperti ini, mereka juga selalu mengikuti berbagai kejuaraan di luar dan dalam negeri yang berjalan rutin setiap tahun.

Seeperti pada 2019 lalu, Ahsan harus melakoni puasa bersamaan dengan dirinya harus berkonsentrasi mengikuti turnamen New Zealand Open, Piala Sudirman, dan Australia Open 2019. Situasi tersebut jelas memaksa stamina, serta belum lagi harus bepergian antar negara dalam waktu yang sempit, sehingga mau tidak mau membuat Ahsan harus rela tidak menjalani puasa secara penuh.

“Saya lupa berapa (puasanya), yang jelas tidak full,” tuturnya.

Saat ini Mohammad Ahsan dan semua atlet bulutangkis nasional, sedang menjalani pemusatan latihan bersama pelatnas Cipayung, meskipun dengan adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang salah satunya melarang kegiatan berkumpul lebih dari lima orang di satu tempat. Namun PBSI sudah memohon kebijakan khusus kepada Kemenpora agar tetap bisa melangsungkan pelatnas, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here