Punya Prestasi Bagus, Kemenpora Siapkan PPLP Bagi Cabor Menembak

0

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menilai cabang olaharaga menembak, mempunyai potensi besar untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia di level dunia Oleh sebab itu, Kemepora akan terus memberikan perhatian kepada cabor menembak.

Salah satu perhatian yang akan diberikan oleh Kemenpora, dijelaskan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, bahwa pihaknya akan segera memberkan slot kepada atlet menembak untuk bisa masuk ke Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di tahun 2020 ini.

Meskipun diakui Zainudin bahwa atlet PPLP terbilang masih usia muda, karena di usia SMP dan SMA, namun mereka memang diproyeksikan tidak untuk jangka pendek, melainkan jangka panjang. Dimana, diharapkan mereka sudah bisa menjadi bagian dari Tim Indonesia pada Olimpiade 2032 mendatang.

“12 tahun dari sekarang maka rekruitmen atlet-atlet kita adalah yang saat ini berusia 12 hingga 14 tahun sehingga diharapkan pada 2032 mereka akan berusia 25 tahunan maka diusia itulan peak performance dari seorang atlet,” ujar Menpora, di sela membuka Kejuaraan Tembak Reaksi Cepat International Practical Shooting Confederation (IPSC), di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu (07/03), seperti dilansir dari Antara.

“Kita siapkan atlet sejak dini semoga akan tumbuh talenta dan bibit atlet untuk memperkuat kontingen Indonesia di cabor menembak sebagai salah satu cabor yang diandalkan untuk membawa nama bangsa dan negara di kejuaraan Asia Tenggara, Asia dan kejuaraan internasional lainnya,” lanjut Zainudin.

Dasar dari Kemenpora memberikan perhatian kepada cabor menembak, karena dalam beberapa waktu terakhir, menembak mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa. Mulai dari SEA Games Filipina 2019, hingga mampu meloloskan atlet ke Olimpiade 2020 Tokyo.
Di SEA Games 2019, menembak berhasil melampaui target, dengan meraih tujuh medali emas bagi Merah Putih.

“Prestasi PB Perbakin luar biasa. Mereka pasang target empat emas, tetapi melesat jadi tujuh emas. Untuk itu, menembak disiapkan sebagai salah satu cabor ke Olimpiade Tokyo,” kata Menpora.

Satu atlet Perbakin yang sudah lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, adalah Vidya Rafika yang masih berusia 18 tahun. Selain Vidya, Perbakin mematok, bisa meloloskan satu atlet lainnya ke multi event olahraga terbesar di dunia tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here