PON XX Papua, Pemerintah Mulai Bangun Venue Hokey di Biak

0
Sumber Gambar: pasificpos.com

Kabupaten Biak Numfor akan menjadi tempat dibangunya venue Cabang Olahraga (Cabor) Hockey yang akan digunakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 mendatang.

Pembangunan venue tersebut akan dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal tersebut di paparkan oleh Menteri PUPR Dr.Ir Hadi Muljono yang sekaligus menyatakan kementeriannya siap mendukung pembangunan venue PON XX termasuk pembangunan venue Hockey.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) 1 nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, pembangunan venue yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) antara lain venue Aquatic, Istora, Kriket dan Velodrome,” ungkap Hadi Muljono, dilansir dari nokenlive.com.

Menarinya, pembangunan venue Hockey tersebut tak hanya akan difungsikan PON XX saja, tapi untuk program jangka yakni pengembangan dan pembinaan prestasi jangka panjang.
Terlebih seperti diakui Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP,MH selama ini atlet-atlet Hockey Papua telah berkontribusi dalam membela nama daerah maupun nama Indonesia dalam even-even bergengsi seperti Sea Games, Asian Games dan even internasional lainnya.

“Bapak Menteri, pembangunan venue Hockey di Biak karena selama ini pembinaan atlet-atlet Hockey dilakukan disana dan atletnya membela nama daerah dan negara,”ungkap Lukas Enembes.

Lukas Enembe menambahkan bahwa wilayahnya sudah siap untuk PON XX. Lukas berharap perhelatan ini juga bisa memberikan dampak untuk perkembangan ekonomi di Papua.
“Semua stakeholder sudah bekerja keras untuk mensukseskan multi-event empat tahunan ini,” terangnya.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP.M.Si pun turut mengapresiasi dukungan Menteri PUPR dan Gubernur Papua yang menyepakati pembangunan venue Hockey di Biak Numfor. Menurutnya, kesepakatan tersebut merupakan langkah kongkrit untuk pembinaan atlet Papua ke depan.

“KONI Papua menyambut baik pembangunan venue Hockey di Biak. Karena pembinaan dapat berkelanjutan dan tentunya melahirkan atlet-atlet terbaik,” ungkap Kogoya.
PON XX tahun 2020 sendiri akan dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here