Piala Asia U-19, Kengerian Taiwan Atas Indonesia Terwujud

0
Sumber Gambar: Tempo.co

Tim nasional China Taipei U-19 akhirnya tiba di Indonesia untuk menatap Piala AFC U-19 2018. Mereka pun datang ke tanah Indonesia dengan kepercayaan diri tinggi. Meski membawa modal berharga itu, tim besutan pelatih Vom Ca Nhum itu sedikit khawatir karena harus menghadapi Timnas Indonesia U-19, yang merupakan tim tuan rumah.
Datang bermodalkan 23 pemain pilihan, China Taipe U-19 datang ke Indonesia sepekan jelang pertandingan. Hal itu harus mereka lakukan agar bisa beradaptasi dengan cuaca Indonesia yang pastinya berbeda dengan negaranya.

Chinese Taipei berada di Grup A bersama Indonesia, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Pelatih Wang Joazhong menyebut laju timnya di Piala AFC U-19 2018 tidak akan mudah melihat kontestan turnamen tersebut merupakan tim-tim terbaik di Asia.

“Kekuatan dari 16 tim peserta Piala AFC U-19 2018 tidak perlu diragukan lagi. Meski demikian, kami akan melakukan yang terbaik untuk meraih hasil yang terbaik pula,” kata Vom Ca Nhum melansir dari bola.com (14/10/18).

Lebih lanjut pelatih China Taipe Wang Joazhong mengatakan jika anak asuhnya harus memiliki mental yang kuat karena dipastikan bakal mendapatkan tekanan yang besar dari kelompok suporter Garuda Nusantara.

“Tantangan terbesar adalah melakoni pertandingan pertama melawan tim tuan rumah di hadapan puluhan ribu penonton. Oleh sebab itu, saya akan membantu pemain secara psikologis untuk bisa bermain di bawah tekanan,” ujar Vom Ca Nhum.

Bicara pertemuan di antara kedua tim, Timnas Indonesia U-19 pernah satu kali bertemu Chinese Taipei dalam kualifikasi Piala AFC U-19 2010. Saat itu Indonesia menang 6-0. Namun, kini kedua tim sudah berbeda.

Satu keuntungan yang dimiliki Tim Garuda Nusantara adalah Chinese Taipei datang ke Jakarta tanpa persiapan apa pun. Situasi persepakbolaan di negara China Taipei dalam masa sulit sehingga berdampak kepada persiapan mereka.

Kondisi persepakbolaan China Taipei sendiri jelang Piala AFC tahun ini sedang dalam situasi yang kurang apik, karena sedang ada pemilihan dalam federasi. Oleh karenanya sepanjang persiapan mereka di ajang bergengsi tingkat Asia ini, timnas China Taipei U-19 tak melakukan ujicoba internasional yang layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here