Petanque Indonesia Bersiap ke SEA Games 2019

0

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali berkunjung ke pemusatan latihan nasional cabang olahraga petanque yang digelar di Kampus B Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, hari Jumat (15/11). Dalam kesempatan ini, Zainudin Amali menjajal olahraga asal Perancis ini melawan Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Harry Warganegara.

Petanque merupakan cabang olahraga yang mengandalkan akurasi. Para pemain disediakan bola yang trbuat dari besi yang harus didekatkan dengan bola yang terbuat dari kayu. Para pemain berusaha melempar bola besi untuk mendekati bola kayu sekaligus menyingkirkan bola besi lawan-lawannya. Karena tertarik dengan olahraga ini, Menpora meminta supaya turnamen-turnamen petanque diperbanyak di Indonesia.

“Petanque ini sebenarnya bukan olahraga yang berasal dari kita, tapi ini nggak susah. Harusnya semua daerah punya atlet untuk ini, karena dia nggak butuh lapangan yang banyak, kemudian sangat sederhana. Kita lihat prestasi di Asean itu yg harus kita kejar dan kalau bisa kepada PB FOPI (Federasi Olahraga Petanque Indonesia) harus diperbanyak turnamennya,” seperti yang dilansir dari Media Indonesia.

Petanque merupakan cabang olahraga yang merupakan olahraga tradisional di Perancis. Olahraga ini merupakan permainan tradisional dari Yunani Kuno yang berkembang di Perancis Selatan. Pada tahun 1958, olahraga ini secara resmi diwadahi dalam Fédération Internationale de Pétanque et Jeu Provençal (FIPJP) yang didirikan di Marseille. Di Indonesia, cabor ini ada di bawa Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) yang dibentuk 2011. Di SEA Games yang berlangsung di Indonesia di tahun yang sama, Petanque menjadi salah satu olahraga wajib.

Pemusatan latihan cabor Petanque diikuti oleh 10 atlet yang terdiri dari 5 atlet putra dan 5 atlet putri. Pelatih Pelatnas Petanque, Andi Indarto mengatakan, cabang olahraga ini siap menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2019.

“Kita kirim atlet ada 5 putra dan putri, untuk nomor double putra dan putri, lalu triple putra dan putri. Kami optimis pasang target 1 medali emas dari triple putri, 1 perak triple putra, dan perunggu dari double putra dan putri,” ungkap Andi Indarto, seperti yang dikutip dari Media Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here