Persiapan Olimpiade Tokyo, Atlet Renang Indonesia Dikirim Ke Australia

0
Sumber Gambar: Tirto.id

Atlet renang Indonesia yang bergabung di Pelatnas akan segera menjalani program latihan di luar negeri, setelah Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) berencana mengirim tim renang proyeksi Olimpiade Tokyo ke Australia pada awal 2021.

Dipaparkan oleh Ketua Umum PRSI Anindya Novyan Bakrie, dasar pemilihan Australia sebagai lokasi Pelatnas, adalah karena di sana dinilai memiliki tingkat kompetisi yang tinggi untuk olahraga renang, selain juga memiliki jarak relatif dekat dengan Tanah Air. Level kompetisi tinggi diperlukan I Gede Siman dkk agar mereka terlatih dalam program tingkat dunia.

“Level of competition-nya sangat tinggi dan kualitas dunia sehingga cocok untuk para atlet bisa merasakan world class training dan kompetisi selama berada di Australia,” kata Anindya seperti dikutip dari Tempo.co.

“Ajang kualifikasi Olimpiade juga banyak tersedia di Australia mengingat banyak atlet dunia yang berlatih di sana untuk persiapan,” tambah dia.

Disisi lain Anindya juga memiliki harapan, supaya dalam waktu dekat Pelatnas untuk atlet renang Indonesia bisa dihelat terpusat di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta. Setidaknya enam perenang akan diproyeksikan untuk bisa berjuang dalam babak kualifikasi Olimpiade. Atlet – atlet renang Indonesia ini, rencana akan menjalani program time trial dan uji coba mandiri secara terbatas pada Desember mendatang, dengan maksud untuk mengetahui kondisi para atlet selama menjalani Pelatnas.

Tetapi jika memang tidak mendapatkan kesempatan berlatih terpusat di GBK, terkait dengan kondisi pandemi di DKI Jakarta, maka Anindya menyampaikan, para atlet renang Indonesia akan tetap berlatih di daerah atau klub asal masing – masing sementara ini.

Enam atlet renang Indonesia yang kini dipersiapkan bisa lolos ke Olimpiade Tokyo adalah,  I Gede Siman Sudartawa, Triady  Fauzi, Glenn Victor, Farrel Armandio Tangkas, dan Azzahra Permatahani.

Ke depan, enam atlet renang andalan Indonesia tersebut, wajib untuk bisa mendekati limit A, sebagai syarat untuk bisa lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, yang waktu penyelenggaraannya diundur hingga 2021 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here