Percasi Soroti Mental Pecatur Andalannya di SEA Games 2019

0
Medina Warda Aulia (Sumber: https://www.thejakartapost.com)

Performa WGM Medina Warda Aulia di JAPFA Rapid, Blitz & Blind Chess Tournament 2019 di SCUA, Bekasi Minggu (20/10/2019) mengundang kekhawatiran PB Percasi.

Dalam ajang dwi tarung di turnamen catur JAPFA, Medina bertanding melawan pecatur asal Mongolia, IM Batchimeg Tuvshintugs. Pertandingan menegangkan tersebut berakhir dengan hasil seri 3-3.

Sayangnya performa Medina mendulang kritik dari Ketua Bidang Pembindaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem. Dalam komentarnya ia menyoroti mental Medina yang sempat goyah dalam pertandingan. Padahal ia merasa WGM termuda di Indonesia sudah tampil cukup baik dan berpotensi memenangkan pertandingan.

“Bisa dilihat tadi Medina sebetulnay sudah bermain dengan bagus, tapi dia nampak sempat panik menghadapi pecatur kuat seperti pecatur asal Mongolia tadi,” papar Kristianus seperti dikutip dari Antara.com.

Kristianus berharap masalah ini bisa segera diatasi, pasalnya untuk bisa menjadi jawara skill dan teknik saja tidak cukup, namun juga dibarengi mental. Apalagi pada ajang SEA Games nanti Medina akan berhadapan dengan pecatur-pecatur handal asal Vietnam ataupun Filipina.

“Nanti pecatur kami akan kami perbaiki lagi, terutama masalah mental nanti,” imbuhnya.
Disisi lain Medina mengatakan hasil imbang 3-3 adalah hasil terbaik yang bisa ia berikan. Tidak puas sampai disitu ia berencana melaukan latihan untuk mematangkan persiapannya jelang SEA Games 2019 nanti.

“Kemarin sudah ujicoba ke Swiss dan nanti masih ada try out lagi ke luar negeri,” ucap mahasiswi UI tersebut.

WGM Medina Warna Aulia adalah salah satu andalan Percasi di SEA Games Filipina 2019. Di usia yang masih muda, Medina sudah makan asam garam kompetisi nasional maupun internasional. Ia bahkan dianugrahi gelar Grand Master Wanita termuda di Indonesia. Ia meraih gelar tersebut saat berusia 16 tahun 2 bulan.

Tak pelak Percasi menaruh harapan besar kepada dara kelahiran 7 Juli 1997 tersebut untuk mendulang medali di SEA Games Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here