Penutupan Asian Games 1951, Pembukaan Langkah Olahraga Indonesia

0

Tanggal 11 Maret 1951, Asian Games pertama yang diselenggarakan di New Delhi, India, resmi ditutup. Sebanyak 57 nomor dari 8 cabang olahraga telah selesai dilaksanakan. Walaupun jauh dari perolehan medali juara umum, namun keikutsertaan Indonesia di India menjadi titik penting bagi olahraga tanah air. Indonesia kemudian dengan cukup teratur mengikuti event sejenis, baik di Olimpiade maupun SEA Games.

Dari 11 negara Asia yang berpartisipasi, sebanyak 8 negara mampu mengumpulkan medali. Jepang menjadi juara umum dengan mengumpulkan medali emas terbanyak, disusul tuan rumah India. Dengan meraih total 5 perunggu dan menempati urutan 7 klasemen akhir perolehan medali, Indonesia setidaknya bisa pulang dengan kepala cukup tegak.

Keikutsertaan Indonesia di Asian Games pertama membuktikan tengah bangkitnya negera yang baru berusia 6 tahun itu. Pulang tidak dengan tangan hampa, para atlet memberi jaminan bahwa Indonesia adalah negara yang olah raganya patut diperhitungkan di antara negara-negara Asia bahkan dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here