Pencak Silat : Menpora Ingin Sapu Bersih di SEA Games, Manajer Tetap Realistis

0
Sumber: Tempo.co

Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zaenuddin Amali menaruh harapan besar kepada pencak silat untu mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019 Filipina pada akhir November mendatang. Tak tanggung-tanggung Menpora yang baru dilantik Presiden Jokowi tersebut mentarget sapu bersih di semua nomor.

“Pencak silat menjadi harapan penyumbang medali. Totalnya ada sembilan nomor, jangan sampai ada satu nomor pun yang terlepas. Semuanya harus diambil. Jangan berpikir kalau kita sabet semua, negara lain malah tidak mau ikut tanding lagi,” kata Zaenuddin dilansir dari laman Sport.tempo.co.

Zaenuddin berharap pencak silat Indonesia mampu tampil superior dalam ajang multieven dua tahunan tersebut. terlebih Indonesia adalah orang tua dari olahraga kelas beladiri tersebut.

“Silat bukan lagi olahraga kampung, sekarang sudah mendunia, bahkan di Amerika saja sudah mulai digemari. Jangan sampai olahraga yang lahir di negara kita ini, malah membuat prestasi kita menurun, sementara negara lain malah meningkat,” ujar Zaenuddin.

Sementara itu Manajer Tim Pencak Silat Indonesia, Sunarno siap bekerja maksimal untuk mewujudkan harapan dari Menpora. Tapi disisi lain, pihaknya ingin tetap realistis karena karena tim pesain tentu akan datang dengan persiapan yang semakin matang.

“Kami tidak bisa menyapu bersih sembilan medali emas yang diperebutkan, karena kita juga harus memperhitungkan lawan berat, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina. Tapi setidaknya kami bisa menargetkan tiga sampai empat medali emas,” tutur Sunarno.

Pencak Silat Indonesia sendiri memiliki catatan manis di berbagai jang kompetisi. Di SEA Games 2017 silam saja Indonesia berhasil mengantongi dua emas, empat perak dan sembilan perunggu dari 20 nomor yang dipertandingkan.

Sementara pada ajang Asian Games 2018 silam, Indonesia yang menjadi tuan rumah berjaya dengan raihan 14 emas dan satu perunggu dari 16 nomor yang dipertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here