Pembukaan Asian Games 1951, Debut Indonesia di Multievent Internasional

0

Guru Dutt Sondhi—perwakilan India di Olimpiade London—pada Agustus 1948 mengusulkan kepada para pemimpin kontingen dari negara-negara Asia untuk mengadakan Asian Games. Usulan tersebut disetujui oleh para perwakilan peserta Olimpiade dari negara-negara Asia. Kemudian, pada Februari 1949, terbentuklah Federasi Asian Games (Asian Games Federation) dan disepakati Asian Games perdana akan diselenggarakan di New Delhi, India.

Pada tanggal 4 Maret 1951, Asian Games perdana secara resmi dibuka oleh Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand. Kala itu, Asian Games diikuti oleh 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional (NOC), yaitu: Afghanistan, Burma, Filipina, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Singapura, Srilangka,dan Thailand. Total medali yang diperebutkan adalah 169 medali dan mempertandingkan enam cabang olahraga: atletik, akuatik, bola basket, balap sepeda, sepak bola, dan angkat besi.

Kontingen merah putih pada saat itu meraih lima medali perunggu yang semuanya didapat dari cabang olahraga atletik. Maram Sudarmodjo meraih perunggu di kategori lompat tinggi putra; Hendarsin meraih perunggu di kategori lompat jangkit putra; A.F. Matulessy meraih perunggu di kategori lempar lembing putra; Anny Salamun meraih perunggu di kategori lempar cakram putri; dan tim putri Indonesia meraih perunggu di kategori lari estafet 4×100 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here