Pembalap Sepeda Cross Country Berlatih Selaraskan Kekuatan Kaki

0
Zainal Fanani (Sumber: Antara/Imam Santoso)

Pembalab MTB nomor cross country (XOC) putra, Zainal Fanani terus di gempur persiapan demi tampil maksimal di SEA Games 2019. Salah satu fokus yang dia jalani saat ini adalah menyeimbangkan kekuatan kedua kakinya.

Hal tersebut berdasarkan penuturan dari Kepala Bidang Peningkatan Prestasi PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia), Budi Saputra. Dalam pernyataannya Budi mengatakan menerima laporan dari tim pelatih jika kekuatan kaki Fanani memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sehingga butuh adanya upaya penyelarasan.

“Proses terus berjalan. Pada awalnya perbedaan kekuatan kaki Fanani kiri dan kanan mencapai 42 persen berbanding 58 persen” ujar Budi dilansir dari sport.tempo.com.
Hingga berita ini diturunkan PB ISSI sudah melakukan sejumlah upaya. Salah satunya dengan menggelar pemusatan latihan di daerah Jawa Barat dan juga Jakarta. Dalam pemusatan latihan tersebut, Fanani diberikan beberapa sesi latihan menggunakan wattbike. Dan hasilnya pun sudah mulai terlihat.

“saat ini kekuatannya mulai ada perubahan, 48 persen berbanding 52 persen,” imbuhnya.
Budi optimis dengan latihan yang konsisten, masalah yang dialami Fananibakal segera tuntas. Sehingga mampu tampil maksimal dalam pesta olahraga dua tahunan tersebut.
Pada SEA Games kali ini, Fanani bukanlah satu-satunya pembalap nomor XOC yang mewakili Indonesia. Ada Rafika Farisi yang turun di katagori putri.

Keduanya juga menjadi wakil Indonesia di kejuaran International C3 di Liquica, Timor Leste pertengahan bulan Oktober ini. Pada kesempatan tersebut Fanani sukses menorehkan medali emas setelah finish dengan waktu tercepat, 20,36 detik.

Dengan kematangan yang dimilikinya, tak ayal jika PB ISSI berharap ia mampu membawa pulang medali emas di SEA Games nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here