Pemanasan Olimpiade, Angkat Besi Gelar Tes Untuk 12 Atletnya

0
Sumber: Tribun News

Persatuan Angkat Berat Besi dan Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) saat ini tengah menyiapkan 12 atlet angkat besi yang rencana diturunkan untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2021. Demi memaksimalkan kemampuan mereka, PABBSI pun menggelar tes atlet di markas merek Kwini Jakarta Pusat.

Uji kemampuan tersebut dimaksudkan untuk memantau bagaimana kondisi atlet, setelah selama lima bulan terakhir, mereka hanya berlatih mandiri selama masa pandemi covid-19.

“Saya sebenarnya was-was dengan hasil tes progress kali ini karena mental mereka sedang tidak baik setelah menjalani isolasi 5 bulan di Kwini. Namun, kami tetap berupaya menjaga performa dengan menggelar tes yang biasanya kami gelar setiap satu bulan sekali,” kata Wakil Ketua Umum Persatuan Angkat Besi, Berat, Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI), Djoko Pramono,seperti dilansir dari Tempo.co.

Djoko juga memaparkan, bahwa hasil tes tersebut ternyata sangat memyaskan, dimana, beberapa rekor dunia maupun Asia bisa dilewati, khususnya di sektor putra. Seperti performa apik yang ditampilkan para lifter muda seperti Rahmat Erwin Abdullah, Rizky Junianysah,Muhammad Faathir, dan Mohamad Yasin, yang berhasil melewati catatan angkatan lifter kawakan Eko Yuli Irawan.

Sementara di sektor putri, lifter Windy Cantika Aisyah, Siti Nafisatul Hariroh, Juliana Klarisa, Nelly, Putri Aulia Andriani, Tsabutha Auliah Ramadhani dan Nurul Akmal, juga menunjukkan peningkatan kemampuan yang positif.

Windy Cantika yang sudah lolos Olimpiade tampak masih grogi, sehingga gagal ketika melakukan angkatan snatch. Sementara, lifter lainya yang juga sudah mengantongi tiket Olimpiade Nurul Akmalberhasil meraih total angkatan tertinggi.

“Para lifter seperti, Eko, Rizki, Cantika mampu memecahkan rekor dunia maupun Asia dalam tes kali ini. Nah, sekali lagi kami harus melakukan terobosan dengan menggabungkan para lifter senior, junior dan youth agar tidak terjadi kesenjangan prestasi di antara mereka. Meski awalnya rencana kami ini ditentang. Namun, akhirnya Menpora menyetujuinya,” ujar Djoko Pramono.

Sementara ini, ada tiga lifter Tim Indonesia yang sudah berhak berlaga di putaran utama Olimpiade Tokyo 2021. Mereka adalah, Eko Yuli Irawan, Windy Cantika dan Nurul Akmal.

“Jika memang tahun depan ada event yang digelar oleh Federasi Angkat Besi Dunia yang juga babak kualifikasi Olimpiade, kita masih ada peluang untuk menambah satu atau dua tiket lagi. Tapi, yang pasti angkat besi tetap dipertandingkan di Olimpiade,” pungkas Djoko Pramono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here