Pelatnas Tenis Fokus Pada Peningkatan Kemampuan Fisik

0
Aldila Sutjiadi | Sumber Foto : http://www.ashgabat2017-gallery.com

Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) tenis memang sudah memulai programnya kembali sejak bulan Maret 2020 lalu di Jakarta. Hal tersebut, menurut Pelatih Pelatnas Tenis Deddy Tedjamukti diperlukan guna bisa mengembalikan  dan mengembangkan kondisi fisik para petenis anggota Tim Indonesia, yang selama ini berlatih mandiri di rumah, akibat pandemi Covid-19. 

Sebenarnya, Tim Tenis Indonesia akan turun bertanding pada akhir Agustus ini di Thailand, namun lantaran pandemi yang belum juga mereda, turnamen tersebut gagal dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Namun begitu, hal tersebut tidak membuat lesu semangat Aldila Sutijadi dkk untuk tetap intens berlatih di Tenis Outdoor Senayan Jakarta selama ini. 

“Kita memang build up di fisik dahulu, meskipun tanggal 30 (Agustus) turnamen sudah di cancel. Kita tetap latihan untuk mem-build up di fisik,” ungkap Deddy Tedjamukti, seperti dilansir dari wartakota.com.

Deddy memaparkan, membangun fisik yang baik, guna menambah endurance para petenis, yang hingga sekarang masih belum tahu kapan akan kembali bisa mengikuti turnamen.

Karenanya, Deddy merasa, bahwa dirinya harus bisa terus menjaga dan membehani fisik para petenis, agar jika saatnya mereka turun berlaga, tidak akan sampai kaget dan sudah siap secara fisik. 

“Kita fokus di fisik. Kalau latihan Main terus nanti jenuh karena kita belum ada jadi tidak turnamen dan ngak tahu mulai kapan. Kita latihan fisik supaya kuat saat turun di turnamen nanti,” ujarnya.

Bukan saja fisik, Deddy juga terus memberikan perintah kepada para petenis nya, untuk terus memperbaiki sisi teknis yang selama ini sudah dikenali sebagai kelemahan mereka masing – masing.

Upaya tersebut, menurutnya sangat penting terus dilakukan saat ini, demi nanti ketika kembali ke arena tanding, mereka sudah semakin siap dan sempurna. 

“Kita juga sekarang maintenance apa yang dia punya. Apa yang jadi Weeknes juga kita betulin. Disini kita build up. Sejauh ini sudah 70 persen mereka siap untuk Turnamen,” ujarnya.

Tenis sendiri menjadi salah satu cabor yang sudah memulai kembali Pelatnas mereka, di tengah pandemi sekarang ini. Dalam menjalankan seluruh program latihan, Tim Tenis Indonesia tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti penggunaan masker, hand sanitizer, juga cuci tangan sebelum dan sesudah berlatih, serta pengecekan suhu tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here