Pelatih Tidak Mau Bebani Emilia Nova

0
Sumber Foto: sumber: medcom.id

Pelari Gawang Emilia Nova masih memiliki peluang yang untuk bisa lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo. Dengan syarat ia harus bisa mempertajam rekor waktu terbaiknya.

Saat catatan waktu terbaik yang Emilia adalah 13,59 detik. Catatan tersebut didapatkan saat meraih medali emas Malaysia terbuka pada 2019 lalu.

Sementara untuk bisa lolos minimal Emilia harus bisa memenuhi limit waktu lari gawang putri Olimpiade yakni 12,84 detik. Artinya pelari yang biasa dipanggil Emil tersebut wajib mempertajam catatan waktunya 0,5-0,8 detik agar bisa mengunci satu tempat di Olimpiade.

Sayangnya hal tersebut tidak akan menjadi tugas yang mudah. Terlebih Emilia masih belum benar-benar pulih dari cedera plantar fasiciitis (penyakit yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tumit dengan jari kaki) yang sempat mengganggu persiapan di SEA Games 2019 Filipina lalu.

“Kalau untuk peluang lolos, kalau saya realistis saja. Saya tetap percaya sama kemampuan Emil. Tapi dengan limit 12,84 detik agak sulit untuk dikejar hingga bulan Juli, sedangkan ini Januari.

Bukannya gak optimistis, tapi saya orangnya realistis aja sulit untuk bisa 12,84 detik,” ujar pelatih lari gawang PB PASI Fitri ”Ongky” Haryadi seperti dilansir dari Antaranews.com.

Onky sendiri mengatakan kondisi Emilia masih belum 100 persen sembuh. Pelari berusia 24 tahun tersebut terkadang masih merasa kurang nyaman dibagian cedera lamanya.
Karena itu ia enggan terlalu membebani dengan target lolos ke Olimpiade. Ditakutkan Emilia terlalu memaksakan diri justru memperburuk cedera yang dialami.

Terdekat Emilia akan berlaga di kejuaraan atletik Asia indoor di Hangzhou, China yang memperlombakan lari gawang 60 meter. Disana Emilia diharapkan mampu memecahkan rekor lari gawang Indoor yang kini di penggang oleh Dedeh Herawati.

“Di Hangzhou nanti akan menjadi kompetisi dan ini pengalaman baru untuk Emil. Kan sebelumnya Kak Dedeh sudah pernah kan beda tuh dari segi treknya,” kata Ongky.

“Harapannya mudah-mudahan bisa pecah rekor di indoor. Ini pertama kali Emil ikut indoor,” katanya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here