PBSI Optimis, Tunggal Putra Raih Emas di Olimpiade 2020

0
Sumber: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) merasa optimis bahwa atletnya dari nomor tunggal putra akan bisa mempersembahkan medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum PP PBSI Alex Tirta. Menurutnya nomor tunggal putra memiliki peluang besar untuk bisa membawa pulang emas dari Olimpiade yang akan dihelat pada 24 Juli-9 Agustus 2020.

Pernyataan Alex tersebut bukan sekedar angan – angan, karena memang berdasarkan analisa yang kuat. Dimana materi pemain tunggal putra Indonesia saat ini memang memiliki kualitas di atas rata – rata.

Terbukti, dengan adanya dua pemain tunggal putra yang selama ini jadi andalan Tim Indonesia, yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Keduanya saat ini ada di urutan delapan besar kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Anthony Ginting saat ini ada di posisi-5 dengan raihan poin 75.722.Sedangkan Jonatan masih aman di peringkat ke-7 dengan total poin 73.538.
Merujuk pada kenyataan tersebut, Alex Tirta tegas mengatakan bahwa sektor putra tidak hanya akan bergantung pada nomor ganda saja, melainkan juga tunggal.
Apalagi, baik Anthony dan Jonatan, sama – sama pernah melibas lawan di posisi 8 besar.

“Saya kira semua oke-oke saja, tidak ada masalah. Tunggal (putra) punya peluang,” kata Alex Tirta di Kantor Kemenpora, Selasa, 11 Februari 2020, seperti dilansir dari Bolasport.

“Mudah-mudahan atlet-atlet dalam kondisi yang baik, mereka bisa jaga kesehatan, yang terbaik akan kita dapatkan,” tutur Alex menambahkan.

Alex menyimpan harapan, agar para pemain tunggal putra bisa menunjukkan performa terbaik dan mempersembahkan kebanggaan kepada Bangsa Indonesia di Tokyo. Meskipun, target PP PBSI hanyalah meraih satu emas dari bulutangkis di Olimpiade 2020.

“Diharapkan juga dari tunggal (putra), tetapi target realistis memang dari ganda (putra),” kata Alex.

Sedangkan, Tim Indonesia dari ganda putra memang sudah hampir dipastikan merah tiket ke Tokyo, dengan dua wakil langsung, meskipun hitungan poin kualifikasi masih akan berjalan hingga April mendatang, tepatnya pasca Kejuaraan Asia 2020.
Saat ini, tiga wakil ganda putra Indonesia menempati posisi 8 besar pada Race to Tokyo yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Duet Marcus/Kevin memimpin daftar peringkat Race to Tokyo dengan 104.403 poin, disusul Ahsan/Hendra yang berada di urutan kedua dengan 99.500 poin. Adapun, Fajar/Rian menempati peringkat ke-5 dengan 75.885 poin.

PP PBSI memang dibebani target yakni mengirim dua wakil dari setiap nomor pertandingan. Target itu cukup berat mengingat sektor putri masih kekurangan wakil yang mampu menembus level elite dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here