PB PABBSI Optimis Bisa Loloskan Empat Lifter ke Olimpiade 2020 Jepang

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Dhemas Reviyanto/YU

Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) optimis bisa meloloskan enam lifter ke ajang Olimpiade 2020 di Jepang mendatang.

Hingga saat ini Eko Yuli Irawan (kelas 61 kg putra) dan Windy Cantika Aisah (49 kg putri) yang sudah memastikan satu tempat ke Olimpiade Jepang. Keduanya berhasil menduduki peringkat 8 besar dunia. Dimana itu menjadi salah satu syarat lolos Olimpiade yang dijukan Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Lolosnya kedua lifter tersebut membuat PB PABBSI semakin optimis bisa menambah jumlah wakilnya di Olimpiade. Kini mereka tengah berusaha memaksimalkan potensi empat lifternya agar bisa menyusul Eko dan Windy.

Empat lifter tersebut adalah, Deni (kelas 67 kg putra), Rahmat Erwin Abdullah, Triyatno (kelas 73 kg putra) dan Nurul Akmal (kelas 87 kg putri). Deni saat ini berada di 12 besar, Erwin posisi 16 besar, Nurul posisi 18 besar dan Triyanto peringkat ke-33 dunia.

Kini keempatnya dituntut memaksimalkan empat kejuaraan terakhir untuk memperbaiki peringkatnya di IWF. Yakni Kejuaraan Internasional Fajar Cup di Rasht, Iran (1-5 Februari), Kejuaraan Asia Yunior di Tashkent, Uzbekistan (13-19 Februari), Kejuaraan Dunia Yunior di Bucharest, Rumania (14-21 Maret) dan Kejuaraan Asia di Nur Sultan, Kazakhstan (16-25 April).

“Mereka asal komitmen bisa menjuarai atau berprestasi di 4 kualifikasi terakhir bisa lolos. Tapi kalau dilihat rasional, peluang besar ada 3 lifter yakni Eko, Cantika dan Deni. Mereka harus bisa mempertahankan dan menaikkan peringkatnya. “

“Tapi kalau ke-6 nya bisa lolos, ini jadi cerita menarik karena bakal ada tim dukungan buat Eko yang memang kita targetkan meraih medali emas di Olimpiade 2020 ini,” ungkap manajer tim angkat besi Indonesia, Alamsyah Wijaya dilansir dari Beritasatu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here