Para Lifter Tim Indonesia Alami Peningkatan Kemampuan Dengan Pesat

0
Sumber: Tribun News

Para lifter jagoan Tim Indonesia yang tergabung dalam Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) mengalami peningkatan kemampuan. Hal tersebut didapat dari hasil tes kedua, yang dilaksanakan di markas PABSI Mess Kwini Jakarta, Jumat (28/08/20).

Para atlet yang dinilai mengalami kemajuan pesat dalam kemampuannya, antara lain ada Windi Cantika Aisah (49 kg), Siti Nafisatul Hariroh (49 kg). Sementara di sektor putra ada Rizky Juniansah (73 kg), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg) yang secara mengejutkan, mampu mengimbangi dua lifter senior Eko Yuli Irawan (61 kg) dan Triyatno (73 kg).

Windi Cantika yang pada tes pertama mencatatkan angkatan seberat 189 kg, pada tes kedua sukses meningkatkan total angkatannya menjadi 193 kg (snatch 87 kg dan clean n jerk 106 kg). Juliana Clarissa juga berhasil menambah jumlah angkatannya, dari 187 kg menjadi 190 kg (snatch 82 kg dan clean n jerk 108kg).

Sementara Siti Nafisatul Hariroh mendapat angkatan total sebanyak 169 kg (snatch 74 kg, clean n jerk 95 kg), Sedangkan Nurul Akmal dari kelas 87+, sukses mengumpulkan total angkatan 245 kg (110 kg snatch, clean n jerk 135 kg) dari sebelumnya 240 kg.

Di bagian putra Rizky Juniansah yang di tes pertama mendapat angkatan total 323 kg, kini mampu memperbaiki catatanya menjadi 327 kg (snatch 145 kg, clean n jerk 182 kg), Rahmat Erwin Abdullah kini meraih total 332 kg ( snatch 147 kg,clean n jerk 185 kg), dari awalnya hanya 327 kg.

Selanjutnya Eko Yuli Irawan yang di tes pertama meraih total 311 kg, sekarang mampu meningkatkan angkatannya menjadi 317 kg (snatch 142 kg, clean n jerk 175 kg).

Hasil tes kedua ini disambut gembira oleh Wakil Ketua Umum PB PABSI Djoko Pramono. Meskipun begitu, ia berharap para lifter tidak cepat berpuas diri dan selalu bisa terus meningkatkan kemampuan. Karena Olimpiade Tokyo masih menyisakan waktu cukup lama di 2021 mendatang.

“Olimpiade masih lama sekitar 10-11 bulan lagi. Progres latihan mereka harus terus meningkat. Saya bangga dengan para junior yang peningkatan hasilnya signifikan. 99 persen di antara mereka kemampuannya meningkat,” jelas Djoko seperti dilansir dari Antaranews.com.

Dengan peningkatan ini Djoko optimis angkat besi bisa menambah wakilnya ke Olimpiade Tokyo, yang sementara ini tiketnya sudah digenggam oleh Eko Yuli Irawan, Windi Cantika dan Nurul Akmal.

“Saya optimis, jika nanti kita ikut dua tiga event kualifikasi Olimpiade lagi, maka kita akan bisa menambah lifter dari junior yang akan lolos ke Tokyo,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Okto Saptahari yang juga turut menyaksikan langsung tes kedua PABSI, mengaku puas dengan hasil latihan para lifter yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Diyakini nya dengan peningkatan kemampuan tersebut, atlet angkat besi andalan Tim Indonesia akan siap mengikuti berbagai event internasional kedepannya.

“Jika hasil ini bisa dipertahankan, saya yakin mereka bisa mendulang emas di Olimpiade Tokyo nanti,”ucap Raja Okto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here