Para Atlet Asian Games Dilarang Ikut Porprov Jateng, Ini Alasannya

0
Sumber Gambar: Suara Merdeka

Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV 2018 yang akan berlangsung di Solo pada tanggal 18-25 Oktober 2018 medatang, Atlet peraih medali emas diajang Asian Games 2018 dipastikan tidak bisa tampil diajang tersebut menyusul adanya regulasi yang ditetapkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah.

Seperti dilansir dari Solotrust.com, KONI melarang atlet peraih medali emas tampil diajang Porprov Jateng XV demi bisa menjaga sportivitas pertandingan. Pelarangan tersebut dilakukan lantaran adanya permintaan dari beberapa daerah agar Porprov berjalan lebih menarik.

“Itu permintaan dari sejumlah daerah agar Porprov berjalan lebih menarik,” jelas Soebroto selaku Ketua Umum KONI Jateng.

Pada Proprov Jateng 2018 ini akan mempertandingkan 46 cabang olahraga (Cabor). Dari cabor-cabor tersebut, ada sebanyak 694 pertandingan yang akan digulirkan. Sementara untuk atlet yang akan ambil bagian dalam ajang tersebut sebanyak 6.346 atlet, serta official sebanyak 1.864 orang.

Untuk itu terkait persiapan, ia memastikan semua hal teknis dan administrasi sudah rampung. Pihaknya juga sudah mempersiapkan jaminan keselamatan bagi para atlet dan ofisial melalui MOU dengan BPJS.

Nantinya semua atlet dan ofisial akan ter-cover premi BPJS untuk berjaga-jaga jika ada cedera atau kecelakaan selama Porprov berlangsung.

“Kami sudah menandatangani MoU dengan BPJS terkait perlindungan atlet dan ofisial Porprov Jateng ini. Nantinya, semua atlet dan ofisial akan tercover premi BPJS untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan,” terang Soebroto.

Sementara itu nantinta perhelatan Porprov tidak hanya digelar di Solo saja, melainkan di sejumlah kota lain di Jateng seperti Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Blora, Magelang dan Kota Semarang.

“Untuk venue lokasi pertandingan ada di Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Blora, Magelang dan Kota Semarang,” kata Soebroto.

Disisi lain, dalam ajang ini Gubernur Jateng, Ganjar Parnowo meminta panitia untuk menghadirkan atlet-atlet legendaris asal Jateng dalam acara Porprov tersebut.

“Tujuannya untuk memberikan semangat kepada atlet-atlet muda agar terus berprestasi,” ucap Ganjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here